Prianto Budi Saptono

Prianto Budi Saptono memulai karir di bidang perpajakan dengan bekerja sebagai pemeriksa pajak selama beberapa tahun pada Direktorat Jenderal Pajak (atau DJP), Kementerian Keuangan. Selain itu, ia pernah menjadi manajer konsultan pajak pada KAP Kanaka Puradiredja & Rekan (saat ini menjadi anggota Nexia International), serta direktur pada beberapa kantor konsultan pajak

Sebagai konsultan pajak, Prianto Budi Saptono juga aktif menjadi pembicara pada berbagai pelatihan dan seminar perpajakan dan akuntansi, termasuk pelatihan perpajakan yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Beberapa institusi swasta dan pemerintah, termasuk Ditjen Pajak, sering memintanya untuk menjadi nara sumber. Penyampaian materi yang mudah dipahami dengan ilustrasi-ilustrasi sederhana dan sesuai kasus-kasus nyata dan peraturan terkait menjadikannya sering mengisi lokakarya di berbagai kesempatan di beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Balikpapan, Manado, Makasar, Kupang, dan Jayapura. Topik-topik akuntansi dan perpajakan, termasuk standar akuntansi sesuai IFRS (International Financial Reporting Standards), membuatnya sangat paham dalam mengombinasikan tax planning dan creative accounting. lainnya (PT Partner Utama Konsultan).

Sertifikat konsultan pajak tingkat C diperoleh Prianto Budi Saptono pada tahun 2003 dan kini ia telah mengantongi izin konsultan pajak dari Direktorat Jenderal Pajak dan izin kuasa hukum dari Pengadilan Pajak. Ia menyelesaikan pendidikan akuntannya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Jakarta. Baca profile Prianto Budi Saptono >>

 

Ahmad Fauzi

Ahmad Fauzi memiliki tanggung jawab di bidang telaah pajak dan konsultansi pajak. Pengalamannya dalam membantu beragam klien telah menjadikannya sangat paham tentang cara-cara membuat perencanaan pajak yang efektif. Hal ini membawa klien dapat terhindar dari pengenaan pajak tanpa menimbulkan pelanggaran ketentuan perpajakan.

Keahliannya di bidang perpajakan serta kemampuan analisisnya yang tajam telah terbukti membantu klien dalam mengatasi berbagai persoalan perpajakan. Hal ini ia lakukan ketika menyiapkan strategi pajak yang efisien, serta membantu klien menjelaskan berbagai dasar hukum pajak pada otoritas pajak.

Pria yang berpenampian kalem dan tenang ini menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Universitas Indonesia dengan jurusan administrasi fiskal. Kini konsultan pajak dengan sertifikat B yang disandang tersebut sedang bersiap-siap untuk mendapatkan sertifikat C-nya.

 

Adhy Tri Anggoro Bramantiyo

Adhy Trianggoro memiliki spesialisasi bidang akuntansi perpajakan, antara lain menyangkut analisis pengaruh standar akuntansi terhadap kewajiban dan pelaporan pajak, dan juga sebaliknya. Termasuk bidang keahliannya adalah analisis dampak implementasi IFRS pada laporan keuangan fiskal.

Sebelum bergabung dengan Pratama Konsultan, Adhy bekerja sebagai konsultan manajemen dan pajak pada Spectrum Konsultan. Pengalamannya menangani klien yang terdiri dari beragam masalah pajak dan keuangan memberikan konstribusi padanya untuk dapat memberikan konsultansi pajak secara lebih dinamis dan sistematis.

Adhy menyelesaikan pendidikan akuntansi (S-1) dari Universitas Gunadharma, Jakarta. Program Magister Management (S-2) bidang Sistim Informasi Manajemen dituntaskannya juga di universitas yang sama.

 

Ernawati

Ernawati memiliki keahlian pada perencanaan pajak, konsultansi pajak, dan telaah kewajiban perpajakan. Beberapa penugasan untuk membantu klien pada kedua bidang tersebut telah berhasil memberikan solusi pemecahan masalah kepada klien-kliennya.
Penugasan konsultansi perpajakan yang ia lakukan mencakup berbagai perusahaan yang bergerak pada berbagai jenis industri, antara lain rumah sakit, manufaktur, perdagangan, dan pertambangan. Tidak sedikit klien yang yang ia tangani memperoleh efisiensi pajak substantial serta terhindar dari risiko pengenaan sanksi perpajakan.

Wanita berpenampilan energik ini menyelesaikan pendidikannya pada Universitas Indonesia, jurusan Ilmu Administrasi Fiskal, dan lulus dengan predikat baik. Selama pendidikan di Universitas Indonesia, dia aktif pada Kelompok Studi Administrasi Fiskal. Di samping itu, dia juga seringkali mengikuti seminar dan workshop perpajakan mengenai perencanaan pajak, transfer pricing, dan teknik pemeriksaan pajak.

 

Ade Fery Hermansyah

Fery sebelumnya pernah menjadi asisten pemeriksa pajak di kantor pajak. Keahliannya dalam menyiapkan kertas kerja pemeriksaan yang didasarkan pada format kantor pajak sangat bermanfaat bagi pemeriksa pajak. Jejaring di beberapa kantor pajak di Jakarta yang dia miliki juga membuatnya sangat dikenal oleh para pemeriksa pajak.

Setelah dia bergabung dengan Pratama Indomitra, pengalaman dan keahliannya sangat membantu klien-klien dalam mengoptimalkan hasil dalam pemeriksaan pajak. Karena itu, di Pratama Indomitra bidang jasa yang ditanganinya adalah asistensi pajak, termasuk dalam pemeriksaan pajak, proses keberatan, proses banding, dan proses peninjauan kembali.