Judul Buku: Kupas Tuntas Akuntansi dan Pajak Bisnis Properti
Penulis: Prianto Budi Saptono
Penerbit: PT Pratama Indomitra Konsultan
Jumlah Halaman: 238 hlm
Jenis Cover: Soft Cover

From the desk of: Prianto Budi Saptono
Re: Buku Terbaru Saya Telah Terbit!

Prianto Budi SaptonoNama lengkap penulis adalah Prianto Budi Saptono, sedangkan nama panggilannya adalah Prianto / Prie. Dia lahir di Purwokerto dan sekarang memiliki 1 istri dengan 5 anak (4 laki-laki dan 1 perempuan). Pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 dia selesaikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta. Pasca-sarjananya diselesaikan di Master of Management UGM dengan konsentrasi Human Resource Management (HRM). Tesisnya terkait dengan dua bidang ilmu yang secara langsung tidak terkait dengan HRM, yaitu Akuntansi dan Perpajakan. Tesis tersebut kini telah menjadi buku yang ada di tangan pembaca. Untuk memperdalam lagi isi tesis yang telah dibukukan tersebut, kini pemegang gelar MBA dari UGM ini tengah menimba ilmu di Program Doktoral FISIP Universitas Indonesia – Ilmu Administrasi (Fiskal).

Saat ini, organisasi profesi yang dia geluti adalah Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jakarta [Bidang Pelatihan] dan Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) sebagai Wakil Kepala Biro PPL (Pengembangan Profesional Berkelanjutan).

Sebelum fokus di bidang konsultan pajak dengan sertifikasi C (USKP) di PT Pratama Indomitra Konsultan mulai 2010 hingga sekarang, pengalaman kerjanya diawali sebagai pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak, khususnya Karikpa Jakarta Enam (1994–1999). Selepas menjadi pegawai pajak, karir di swasta dimulai sebagai auditor/konsultan pajak pada KAP Kanaka Puradiredja & Rekan (2000–2004). Lalu, pada tahun 2004 konsultan pajak mandiri mulai dirintis dengan mendirikan PT Partner Utama Konsultan (2004–2010).


Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan buku keenam penulis. Isinya mencoba mengupas aspek bisnis, aspek legal, aspek pajak, dan aspek akuntansi secara komprehensif. Untuk itu, judul buku menggunakan kata “Kupas Tuntas” karena penulis memiliki ekspektasi tersendiri. Diharapkan pembaca mendapatkan kupasan secara tuntas dan komprehensif atas seluk beluk permasalahan pajak dan akuntansi di dalam bisnis properti. Untuk memahami kedua aspek tersebut, perlu didahului oleh pemahaman aspek bisnis dan aspek legalnya. Karena itu, keempat aspek tersebut dikupas secara tuntas di dalam satu buku.

Buku ini terbagi menjadi delapan bab. Bab pertama membahas pengenalan bisnis properti dan perkembangannya. Di dalamnya antara lain diuraikan lingkungan bisnis properti, jenis investasi di bidang properti, organisasi pelaku bisnis properti, dan perkembangan bisnis properti, baik perkembangan produk maupun perkembangan pola pengelolaannya. Pembahasan selanjutnya di bab dua terkait dengan aspek legal properti. Aspek bisnis properti pasti didasari oleh adanya aspek legal atau tepatnya aspek hukum bisnis. Bab dua ini mengupas dasar hukum bisnis properti, kepemilikan properti, dokumen properti, dan kontrak bisnis properti dalam perspektif hukum perikatan.

Setelah aspek bisnis dan legal dijabarkan, pembahasan berikutnya mengupas aspek pajak yang terbagi ke dalam empat bab sekaligus, yaitu bab tiga s.d. bab enam. Bab tiga mengupas pengertian pajak secara teoritis, urgensi negara memungut pajak dari warganya, dan pajak-pajak yang terkait dengan bisnis properti. Pembahasan di bab empat mengupas PPh (Pajak Penghasilan) yang mencakup PPh badan, pemotongan PPh Pasal 21, pemotongan PPh Pasal 23, pemotongan PPh Pasal 4 (2), pemotongan PPh Pasal 26, dan pemotongan PPh Pasal 22. Bab lima mengupas Pajak Pertambahan Nilai (PPN), termasuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM). Bab enam mengupas aspek pajak selain PPh dan PPN, yaitu Bea Meterai, pajak air permukaan, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) – pedesaan dan perkotaan, dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB).

Dua bab terakhir (bab tujuh dan bab delapan) menguraikan aspek akuntansi. Bab tujuh mengupas tiga standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Bab delapan membahas bagaimana perlakuan akuntansi atas peristiwa ekonomi yang terjadi di seputar bisnis properti beserta implikasi pajaknya. Acuan uraiannya adalah Standar Akuntansi Keuangan yang sudah konvergen dengan International Financial Reporting Standards (IFRS).

Perpustakaan Nasional Manajemen Pajak

 

Info Rekening Pemesanan

Jika Bapak/Ibu tertarik memiliki buku ini, silahkan transfer biaya investasi sebesar Rp 200.000 per buku (free ongkos kirim) ke :

Rek. No. 166.2604440
BCA KCP Cimanggis
a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan.

 

Salam,

Prianto Budi Saptono
PT Pratama Indomitra Konsultan
Antam Office Park Tower B Lantai 8, Jl. T.B. Simatupang No.1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530
Phone: (62-21) 2963.4945 | Facs: (62-21) 2963.4946
Website: pratamaindomitra.com | pratamaindomitra.co.id


Informasi dan Pemesanan Buku

Telp.: (62-21) 2963.4945
email :publishing@pratamaindomitra.co.id