Judul Buku: Buku Pintar Pajak
Penulis: Prianto Budi Saptono
Penerbit: PT Pratama Indomitra Konsultan
Jumlah Halaman: 613 hlm
Jenis Cover: Soft Cover

Kupas-Tuntas-Akuntansi-Pajak-Properti

Cover Buku “Buku Pintar Pajak”

Maaf Buku ini Telah Habis!

From the desk of: Prianto Budi Saptono
Re: Buku Terbaru Saya Telah Terbit!

Prianto Budi SaptonoNama lengkap penulis adalah Prianto Budi Saptono, sedangkan nama panggilannya adalah Prianto/Prie. Dia lahir di Purwokerto dan sekarang memiliki 1 istri dengan 6 anak (4 laki-laki dan 2 perempuan). Pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 dia selesaikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta. Pasca-sarjananya diselesaikan di Master of Management UGM dengan konsentrasi Human Resource Management (HRM).

Tesisnya terkait dengan dua bidang ilmu yang secara langsung tidak terkait dengan HRM, yaitu Akuntansi dan Perpajakan. Tesis tersebut kini telah menjadi buku dengan judul “Konvergensi IFRS dan Dampaknya Terhadap Perpajakan”. Buku tersebut akan memasuki edisi ketiga karena edisi kedua telah habis terjual. Sementara itu, buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan buku kedelapan penulis.

Untuk memperdalam lagi isi tesis yang telah dibukukan tersebut, kini pemegang gelar MBA dari UGM ini tengah menimba ilmu di Program Doktoral Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (dulu bernama FISIP UI – Dept. Ilmu Administrasi). Rencana disertasinya berkaitan dengan sintesis kebijakan pajak pasca-konvergensi IFRS dalam perspektif Dynamic Governance. Selain sebagai mahasiswa S3, penulis juga menjadi pengajar/dosen S1 (fiskal) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia.

Saat ini, organisasi profesi yang dia geluti adalah (1) Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jakarta [Bidang Pelatihan], (2) Pengurus IAI Kompartemen Akuntan Pajak (KAPj) [Bidang Pengembangan Standar Akuntansi Perpajakan]; dan (3) Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) sebagai Ketua Bidang PPL (Pengembangan Profesional Berkelanjutan).


Buku kedelapan penulis ini hadir khususnya untuk para pembaca yang berencana mengikuti Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) Tingkat A atau Tingkat B. Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 tanggal 9 Juni 2014 dan Peraturan Dirjen Pajak No. Per-13/PJ/2015 tanggal 10 Maret 2015. Kedua ketentuan tersebut menjadi rujukan bagi para konsultan pajak yang berpraktik menangani klien-klien mereka. Di dalamnya juga diatur detil permasalahan USKP. Jadi, dalam setahun direncanakan akan ada USKP sebanyak dua kali.

Buku Pintar Pajak ini memiliki isi yang sebagian besar sama dengan buku ketujuh penulis Modul Kursus Sertifikasi Konsultan Pajak A & B Edisi 2015. Pembedaan dilakukan karena segmentasi pembacanya memang berbeda. Buku ketujuh tersebut hanya digunakan di lingkungan Kursus Sertifikasi Konsultan Pajak (KSKP) yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan IKPI. Sementara itu, Buku Pintar Pajak ini dapat dimiliki oleh siapapun. Perbedaan isi buku yang mendasar antara kedua versi buku tersebut hanya ada pada bab pertama yang mengupas Apa Itu Buku Pintar Pajak?

Isi buku ini mengacu pada materi yang diujikan pada USKP pada tahun 2014, yaitu USKP A dan USKP B. USKP A mengacu pada kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh Wajib Pajak orang pribadi. USKP A mengacu pada kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh Wajib Pajak orang pribadi. USKP B berisi materi ujian pajak yang terkait dengan pelaksanaan kewajiban perpajakan Wajib Pajak badan non-ekspatriat, non-PMA, dan non-BUT (Bentuk Usaha Tetap).

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: 1) Belajar Pajak: Sekilas Pandang, 2) PPh dan Akuntansi Pajak, serta 3) Pajak Pusat Lainnya. Bagian pertama terdiri dari tiga bab yang meliputi: 1) Apa Itu Buku Pintar Pajak?, 2) Seputar Dunia Pajak, 3) Pengantar Hukum Pajak, dan 4) KUP. Pada bagian kedua, ada sembilan bab. Pembahasannya meliputi: 5) PPh Pasal 21, 6) PPh Pasal 23, 7) PPh Pasal 4(2), 8) PPh Pasal 26, 9) PPh Pasal 15, 10) PPh Pasal 22, 11) PPh Orang Pribadi, 12) PPh Badan, dan 13) Akuntansi Pajak. Pada bagian ketiga, ada tiga bab yang mencakup: 14) PPN/PPnBM, 15) PBB, dan 16) Bea Meterai.

Untuk membantu pembaca, khususnya peserta Kursus Sertifikasi Konsultan Pajak (KSKP) Tingkat A dan B, atau pun pemerhati pajak lainnya, setiap uraian diperkaya juga dengan tabel dan/atau gambar. Hal ini bertujuan agar para pembaca tidak merasa jenuh dengan isi buku ini. Selain itu, banyak tabel berisi rangkuman peraturan. Rangkuman tersebut membantu pembaca yang kadangkala menemui kesulitan ketika langsung membaca peraturan pajak secara utuh. Di setiap jenis pajak, khususnya PPh dan PPN, disertakan juga contoh formulir SPT terkait..

Perpustakaan Nasional Manajemen Pajak

 

Info Rekening Pemesanan

Jika Bapak/Ibu tertarik memiliki buku ini, silahkan transfer biaya investasi sebesar Rp 250.000 per buku (free ongkos kirim) ke :

Rek. No. 166.2604440
BCA KCP Cimanggis
a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan.

 

Salam,

Prianto Budi Saptono
PT Pratama Indomitra Konsultan
Antam Office Park Tower B Lantai 8, Jl. T.B. Simatupang No.1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530
Phone: (62-21) 2963.4945 | Facs: (62-21) 2963.4946
Website: pratamaindomitra.com | pratamaindomitra.co.id


Informasi dan Pemesanan Buku

Telp.: (62-21) 2963.4945
email :[email protected]