Judul Buku: MANAJEMEN PAJAK Sebuah Pendekatan Komprehensif, Empirik, dan Praktis
Penulis: Prianto Budi Saptono
Penerbit: PT Pratama Indomitra Konsultan
Jumlah Halaman: 238 hlm
Jenis Cover: Soft Cover

buku manajemen pajak

Cover Buku “Manajemen Pajak Sebuah Pendekatan Komprehensif, Empirik, dan Praktis”

From the desk of: Prianto Budi Saptono
Re: Buku Terbaru Saya Telah Terbit!

Prianto Budi SaptonoNama lengkap penulis adalah Prianto Budi Saptono, sedangkan nama panggilannya adalah Prianto / Prie. Dia lahir di Purwokerto dan sekarang memiliki 1 istri dengan 5 anak (4 laki-laki dan 1 perempuan). Pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 dia selesaikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta. Pasca-sarjananya diselesaikan di Master of Management UGM dengan konsentrasi Human Resource Management (HRM). Tesisnya terkait dengan dua bidang ilmu yang secara langsung tidak terkait dengan HRM, yaitu Akuntansi dan Perpajakan. Tesis tersebut kini telah menjadi buku yang ada di tangan pembaca. Untuk memperdalam lagi isi tesis yang telah dibukukan tersebut, kini pemegang gelar MBA dari UGM ini tengah menimba ilmu di Program Doktoral FISIP Universitas Indonesia – Ilmu Administrasi (Fiskal).

Saat ini, organisasi profesi yang dia geluti adalah Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jakarta [Bidang Pelatihan] dan Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) sebagai Wakil Kepala Biro PPL (Pengembangan Profesional Berkelanjutan).

Sebelum fokus di bidang konsultan pajak dengan sertifikasi C (USKP) di PT Pratama Indomitra Konsultan mulai 2010 hingga sekarang, pengalaman kerjanya diawali sebagai pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak, khususnya Karikpa Jakarta Enam (1994–1999). Selepas menjadi pegawai pajak, karir di swasta dimulai sebagai auditor/konsultan pajak pada KAP Kanaka Puradiredja & Rekan (2000–2004). Lalu, pada tahun 2004 konsultan pajak mandiri mulai dirintis dengan mendirikan PT Partner Utama Konsultan (2004–2010).


Kepentingan Ditjen Pajak dan kepentingan Wajib Pajak kadangkala bertolak belakang. Kepentingan Ditjen Pajak dan kepentingan Wajib Pajak ini dapat dilihat dari dua sisi. Sisi pertama terkait dengan kepentingan pembangunan. Dari sudut pandang ini, kedua pihak memiliki kepentingan sama karena negara Indonesia harus dibangun bersama oleh seluruh komponen anak bangsa. Sisi kedua dilihat dari sudut pandang pembayaran pajak. Dari sudut pandang ini, terkesan ada sedikit “kontradiksi”. Pemerintah melalui Ditjen Pajak berusaha mengoptimalkan penerimaan pajak agar target penerimaan pajak di APBN tercapai.

Titik ekuilibrium dari dua pihak yang seolah memiliki kepentingan “berbeda” ada pada bagaimana Wajib Pajak bisa membayar pajak “sesuai yang seharusnya”, tanpa dikurangi atau dilebihkan. Ini karena Ditjen Pajak juga mengharapkan agar Wajib Pajak bisa mematuhi ketentuan pajak secara baik sehingga membayar pajak sesuai yang seharusnya. Pertanyaan besar dari “membayar pajak sesuai yang seharusnya” adalah bagaimana caranya.

Jawaban atas pertanyaan besar tersebut adalah bahwa wajib Pajak harus menerapkan manajemen pajak secara komprehensif. Tujuannya agar pelaksanaan kewajiban pajak dilakukan secara efektif dan efisien. Karena tax planning merupakan bagian dari manajemen pajak, buku ini tidak hanya mengupas tax planning, tapi juga tiga fungsi manajemen pajak lainnya,  yaitu tax organizing, tax leading, dan tax controlling, secara komprehensif. Pembahasan buku ini dimulai dari latar belakang masalah terkait dengan “dua kepentingan berbeda” antara Ditjen Pajak dan Wajib Pajak di atas. Uraian selanjutnya yang merupakan bagian pertama buku ini terkait dengan Overview. Pembahasannya meliputi apa itu mananjemen pajak, laporan keuangan sebagai basis perhitungan pajak, creative accounting, tax loopholes, dan grey area di bidang perpajakan.

Pada bagian kedua, diuraikan pembahasan tax planning secara detil beserta kasus-kasus aktual dan solusinya berdasarkan jenis pajak, yaitu PPh Badan, PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23,  PPh Pasal 4(2),  PPh Pasal 26,  PPh Pasal  15, dan PPN. Pembahasan tax planning menyertakan bagaimana penerapan Balanced Scorecard dalam strategic tax planning. Bagian ketiga mengupas fungsi manajemen pajak lainnya, yaitu tax organizing, tax leading, dan tax controlling. Uraian tax organizing terkait dengan bagaimana mendesain struktur organisasi dan mengelola SDM yang menjalankan fungsi perpajakan. Uraian tax leading mengupas bagaimana memotifikasi pegawai, kriteria seorang manager, dan komunikasi. Uraian tax controlling di antaranya menjelaskan bagaimana menerapkan teknik pemeriksaan pajak sebagai bentuk kontrol internal da untuk mengantisipasi timbulnya koreksi fiskal pemeriksa pajak yang seharusnya dapat di antisipasi dari awal.

Perpustakaan Nasional Manajemen Pajak

 

Info Rekening Pemesanan

Jika Bapak/Ibu tertarik memiliki buku ini, silahkan transfer biaya investasi sebesar Rp 150.000 per buku (free ongkos kirim) ke :

Rek. No. 166.2604440
BCA KCP Cimanggis
a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan.

 

Salam,

Prianto Budi Saptono
PT Pratama Indomitra Konsultan
Antam Office Park Tower B Lantai 8, Jl. T.B. Simatupang No.1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530
Phone: (62-21) 2963.4945 | Facs: (62-21) 2963.4946
Website: pratamaindomitra.com | pratamaindomitra.co.id


Informasi dan Pemesanan Buku

Telp.: (62-21) 2963.4945
email :publishing@pratamaindomitra.co.id