Judul Buku: MANAJEMEN PAJAK Teori dan Aplikasi
Penulis: Prianto Budi Saptono
Penerbit: PT Pratama Indomitra Konsultan
Jumlah Halaman: 490 hlm
Jenis Cover: Soft Cover

buku manajemen pajak

Cover Buku “Manajemen Pajak Teori & Aplikasi – Edisi 2”

From the desk of: Prianto Budi Saptono
Re: Buku Terbaru Saya Telah Terbit!

Prianto Budi SaptonoNama lengkap penulis adalah Prianto Budi Saptono, sedangkan nama panggilannya adalah Prianto / Prie. Dia lahir di Purwokerto dan sekarang memiliki 1 istri dengan 5 anak (4 laki-laki dan 1 perempuan). Pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 dia selesaikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta. Pasca-sarjananya diselesaikan di Master of Management UGM dengan konsentrasi Human Resource Management (HRM). Tesisnya terkait dengan dua bidang ilmu yang secara langsung tidak terkait dengan HRM, yaitu Akuntansi dan Perpajakan. Tesis tersebut kini telah menjadi buku yang ada di tangan pembaca. Untuk memperdalam lagi isi tesis yang telah dibukukan tersebut, kini pemegang gelar MBA dari UGM ini tengah menimba ilmu di Program Doktoral FISIP Universitas Indonesia – Ilmu Administrasi (Fiskal).

Saat ini, organisasi profesi yang dia geluti adalah Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jakarta [Bidang Pelatihan] dan Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) sebagai Wakil Kepala Biro PPL (Pengembangan Profesional Berkelanjutan).

Sebelum fokus di bidang konsultan pajak dengan sertifikasi C (USKP) di PT Pratama Indomitra Konsultan mulai 2010 hingga sekarang, pengalaman kerjanya diawali sebagai pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak, khususnya Karikpa Jakarta Enam (1994–1999). Selepas menjadi pegawai pajak, karir di swasta dimulai sebagai auditor/konsultan pajak pada KAP Kanaka Puradiredja & Rekan (2000–2004). Lalu, pada tahun 2004 konsultan pajak mandiri mulai dirintis dengan mendirikan PT Partner Utama Konsultan (2004–2010).


Buku kesembilan penulis ini hadir khususnya untuk menyempurnakan buku Manajemen Pajak: Sebuah Pendekatan Komprehensif, Empirik, dan Praktis yang pernah terbit sebelumnya. Judul buku diubah menjadi Manajemen Pajak: Teori & Praktik. Latar belakang yang melandasi perubahan tersebut adalah karena penulis ingin memberikan kemanfaatan yang lebih besar. Kemanfaatan tersebut berupa pendalaman ilmu manajemen sebagai sains dan seni jika manajemen tersebut dikaitkan dengan ruang lingkup perpajakan.

Ketika pemahaman ilmu hukum pajak dipadukan dengan pemahaman ilmu manajemen, yang di dalamnya dijabarkan human skill, kombinasi pengetahuan dan pengalaman menjadi lebih lengkap dan saling melengkapi. Selain itu, di dalam buku ini juga dibahas ilmu akuntansi, termasuk creative accounting. Jika di dalam pajak dikenal istilah tax loophole yang dapat dimanfaatkan Wajib Pajak untuk meningkatkan penghematan pajak, di dalam ilmu akuntansi dikenal istilah creative accounting. Akuntansi kreatif dan pemanfaatan tax loophole ini menjadi andalan manajemen perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan sesuai standar akuntansi keuangan sekaligus penghematan pajak sesuai ketentuan yang berlaku.

Ilmu manajemen bisa dilihat dari seni dan sains. Ilmu akuntansi juga dapat dilihat dari sudut seni mencatat dan sains, bahkan ilmu akuntansi juga dapat ditinjau dari sudut pandang ilmu komunikasi. Pasalnya, di dalam ilmu akuntansi dibahas penyajian laporan keuangan yang bertujuan memberikan informasi kepada para pengguna laporan keuangan untuk pengambilan keputusan. Salah satu pengguna eksternalnya adalah kantor pajak. Jadi, dengan pembahasan ilmu manajemen, ilmu akuntansi, dan ilmu hukum pajak yang terpadu, praktik manajemen pajak oleh para pembaca akan lebih efektif dan efisien.

Pendekatan komprehensif, empirik, dan praktis tetap dikedepankan di dalam penulisan buku edisi revisi ini. Uraian buku edisi revisi ini tetap mencakup seluruh fungsi manajemen pada umumnya, yaitu fungsi perencanaan (planning), pengorganisasin (organizing), pengarahan (leading), dan pengendalian (controlling). Hal ini terlihat dari tiga bagian yang ada di dalam buku ini.

Bab pertama tentang pendahuluan mengupas latar belakang masalah, perumusan masalah, serta tujuan, manfaat, ruang lingkup, dan sistematika buku. Selanjutnya, bagian pertama buku diberi judul Manajemen Pajak: Sebuah Pengantar. Di bagian ini, ada lima bab yang membahas, yaitu Bab 2 Mengenal Manajemen; Bab 3 Mengenal Hukum Pajak; Bab 4 Memahami Konteks Manajemen Pajak; Bab 6 Laporan Keuangan sebagai Basis Penghitungan Pajak; serta Bab 7 Tax Loophole, Grey Area di Bidang Perpajakan, & Creative Accounting.

Bagian dua terdiri dari sembilan bab dan khusus membahas Tax Planning, baik secara global maupun per jenis pajak. Tax planning per jenis pajak tersebut meliputi PPh Badan; PPh Pasal 21; PPh Pasal 23; PPh Pasal 26; PPh Pasal 4(2); PPh Pasal 15; dan PPN. Bagian tiga terdiri dari tiga bab dan mengupas Tax Organizing, Tax Leading, serta Tax Controlling.

Perpustakaan Nasional Manajemen Pajak

 

Info Rekening Pemesanan

Jika Bapak/Ibu tertarik memiliki buku ini, silahkan transfer biaya investasi sebesar Rp 250.000 per buku (free ongkos kirim) ke :

Rek. No. 166.2604440
BCA KCP Cimanggis
a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan.

 

Salam,

Prianto Budi Saptono
PT Pratama Indomitra Konsultan
Antam Office Park Tower B Lantai 8, Jl. T.B. Simatupang No.1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530
Phone: (62-21) 2963.4945 | Facs: (62-21) 2963.4946
Website: pratamaindomitra.com | pratamaindomitra.co.id


Informasi dan Pemesanan Buku

Telp.: (62-21) 2963.4945
email :publishing@pratamaindomitra.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *