Bagaimana Menyinkronkan eFaktur ke dalam Manajemen Pajak Perusahaan

Senin,07 Desember 2015 (09.00 s.d 16.00 WIB) | Hotel Bumi Karsa Bidakara atau Manhattan, Jakarta


eFaktur Pajak berlaku efektif tanggal 1 Juli 2014 hal ini sesuai dengan PER-16/PJ/2014 dan PER-17/PJ/2014. Dengan terbitnya peraturan tersebut maka Ditjen Pajak telah melakukan perubahan mendasar terkit hal teknis penerbitan Faktur Pajak melalui eFaktur Pajak.

Dengan adanya eFaktur Pajak maka akan memberikan pengaruh pada administrasi faktur pajak bagi pihak penjual dan pembeli. Bagi PKP pembeli yang belum menerapkan eFaktur Pajak, pengetahuan mengenai faktur pajak yang diterima dari PKP penjual yang sudah menerapkan eFaktur Pajak menjadi sangat penting terkait implikasinya terhadap pengkreditan PPN Masukan. eFaktur Pajak akan diterapkan secara lebih luas (Jawa dan Bali) pada tanggal 1 Juli 2015.

Dengan demikian ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh PKP agar manajemen PPN tahun 2014, terutama yang terkait dengan faktur pajak dan pelaporan pada SPT PPN dapat berjalan sesuai ketentuan dan terhindar dari sanksi perpajakan.

Terkait dengan hal tersebut kami PT Pratama Indomitra Konsultan mengundang Bapak/Ibu untuk berpartisipasi dalam lokakarya kami yang akan mengupas sub topik sbb :

OBJECTIVES

  1. Peserta dapat memahami dasar hukum penysunan eFaktur Pajak.
  2. Peserta memahami teknis pembuatan eFaktur Pajak
  3. Peserta dapat mengelola PPN tahun 2014 secara baik

TARGET PESERTA

Pelatihan ini dapat diikuti oleh tax and accounting manager, personel dari Departemen Logistik atau Procurement yang menangani pengadaan barang dan jasa dalam Perusahaan.

METODE

  1. Penjelasan dan diskusi konsep Faktur Pajak, Restitusi Ppn & Teknik Pemeriksaan PPN
  2. Pembahasan contoh-contoh kasus terkait Faktur Pajak, Restitusi Ppn & Teknik Pemeriksaan PPN
  3. Diskusi kasus
  4. Q dan A

PROGRAM OUTLINE:

  1. FAKTUR PAJAK (aturan terkini)
    1. Pokok-pokok perubahan faktur pajak dan implementasinya menurut PER-16/PJ/2014 dan PER-17/PJ/2014
    2. Identifikasi transaksi terhadap perlakuan PPN
    3. Permasalahan dan solusi penerbitan faktur pajak, pembatalan/penggantian faktur pajak, retur dan SPT Masa PPN
    4. Sanksi-sanksi perpajakan terkait pelanggaran penerbitan faktur pajak
  2. PELAPORAN SPT MASA
      Pajak Keluaran dan Pajak Masukan
  3. RESTITUSI PPN DAN PPn BM
    1. Pengertian Restitusi PPN & PPnBM
    2. Tata Cara Restitusi PPN dan PPn BM
    3. Jangka Waktu Penerbitan Surat Ketetapan Pajak
    4. Restitusi Dulu, Baru Pemeriksaan
    5. Peminjaman Dokumen
  4. PEMERIKSAAN PPN dan PPnBM
    1. Kebijakan Pemeriksaan PPN dan PPnBM
    2. Teknik Pemeriksaan PPN dan PPnBM
  5. PELAKSANAAN ANALISIS RISIKO DALAM RANGKA PEMERIKSAAN SPM PPN LEBIH BAYAR
    1. Tujuan Analisis Risiko
    2. Pembagian Tingkat Risiko Pengusaha Kena Pajak
    3. Analisis Risiko Kualitatif
    4. Analisis Risiko Kuantitatif
    5. Panduan Pengisian Skor Risiko Kuantitatif
    6. Prosedur Analisis Risiko
  6. TAX PLANNING UNTUK PAJAK PERTAMBAHAN NILAI
    1. Efisiensi Pajak Keluaran
    2. Efisiensi Pajak Masukan

INVESTASI

  • Rp. 2.000.000,- / Orang
  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUCTUR :

Prianto Budi S.

INFORMASI DAN REGISTRASI

SAIFUDIN/IRKHAM Tlp.: (021) 8414.447-8 Fax.: (021) 8779.2353 Mobile.: 0888 876.6164

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *