Financial Modelling Untuk Perencanaan Pajak Menggunakan Microsoft Excel

training pratama 01
Pelatihan "Financial Modelling Untuk Perencanaan Pajak Menggunakan Microsoft Excel" akan dilaksanakan di Pratama Learning Center, Antam Office Park Tower B Lt 8 - Jl. TB Simatupang No 1, Jakarta Selatan. Klik tombol di bawah ini untuk memesan tiket!
PRICE
Rp4,000,000

Speakers

Gamal
Muhamad Al Gamal, SE. Ak, MA, CA.
Trainer / Fasilitator

Start

11 Desember 2017 - 9:00 am

End

12 Desember 2017 - 4:00 am

Address

Antam Office Park Tower B Lantai 8 Jl. T.B. Simatupang No.1,   View map

Categories

Tax

Manajemen pajak merupakan suatu keharusan bagi wajib pajak yang ingin mengoptimalkan hak dan kewajiban perpajakannya. Sebagai bagian dari manajemen pajak, perencanaan pajak berperan penting dalam hal merencanakan dan mengestimasi hak dan kewajiban perpajakan wajib pajak sebagai dampak dari berbagai kemungkinan kebijakan dan transaksi usaha yang akan dilakukan. Dalam hal ini, financial modelling menjadi teknik dan alat bantu yang sangat berguna untuk mensimulasikan berbagai dampak perpajakan tersebut, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Parameter utama untuk mengukur optimalisasi dampak perpajakan adalah tarif dan jumlah nominal pajak efektif, laba akuntansi, arus kas dan beberapa rasio keuangan yang berkaitan dengan perpajakan. Adapun sebagai alat bantu, Microsoft Excel merupakan aplikasi yang paling lazim dipakai oleh para financial modeller, termasuk di bidang perpajakan.

Training ini bertujuan untuk melatih peserta agar memiliki pengetahuan dan keahlian dalam mengembangkan model-model perencanaan pajak sekaligus mengimplementasikannya menggunakan Microsoft Excel, sehingga sangat bermanfaat untuk melakukan analisis-analisis perpajakan dan memberikan pertimbangan-pertimbangan pajak terhadap berbagai kebijakan dan transaksi usaha.

 


TARGET PESERTA


Staf senior dan manajer di bidang accounting dan finance, treasury, audit, dan risk management yang ingin lebih professional dan meningkatkan keahlian dalam konsep dan aplikasi cash flow dan treasury management.

 


PROGRAM OUTLINE


Hari I

  1. Financial modelling – pengantar
    • Jenis dan tujuan financial models
    • Perbedaan spreadsheet dengan financial models
    • Keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang financial modeller
  2. Pengembangan sebuah model
    • Perancangan model
    • Anatomi model
    • Penggambaran layout model
    • Langkah-langkah pengembangan sebuah model
    • Pengumpulan data dan informasi
    • Prinsip-prinsip permodelan (modelling)
  3. Teknik-teknik financial modelling
    • Strategi pencegahan error
    • Pemilihan dan penggunaan formula
    • Linking dengan file eksternal
    • Pengecekan error
    • Circular references
  4. Penggunaan Excel untuk financial modelling
    • Fitur dan fungsi Excel untuk financial modelling
    • Kombinasi fungsi-fungsi Excel untuk formula yang kompleks
    • Penyajian tampilan model
    • Penyajian output model
  5. Financial modelling untuk perencanaan PPh
    • Pemilihan bentuk usaha
    • Pemilihan bentuk badan usaha
    • Pemilihan alternatif dasar pembukuan
    • Pemilihan lawan transaksi
    • Penundaan penghasilan
    • Percepatan pembebanan biaya
    • Pemilihan model transaksi yang berhubungan dengan kesejahteraan karyawan
    • Pemilihan metode penilaian persediaan
    • Pemilihan pendanaan aset tetap
    • Pemilihan metode penyusutan aset tetap dan amortisasi aset tak berwujud

Hari II

  1. Pertimbangan penggunaan laba usaha pada akhir periode
  2. Pemilihan transaksi yang berkaitan dengan perusahaan sebagai pemungut pajak
  3. Pengelolaan biaya-biaya yang terkait dengan PPh final
  4. Pengajuan penurunan angsuran pembayaran pajak penghasilan
  5. Pemilihan metode investasi
  6. Pengelolaan transasksi afiliasi
  7. Pemanfaatan program amnesti pajak
  8. Sangsi PPh
  9. Financial modelling untuk perencanaan PPN
    • Pemilihan kawasan berusaha
    • Pemilihan lawan transaksi usaha
    • Pemilihan objek PPN
    • Pemilihan dasar pengenaan pajak (DPP)
    • Pemilihan bentuk penyerahan BKP/JKP
    • Pemilihan saat penyerahan BKP/JKP
    • Sangsi PPN

BIAYA INVESTASI


  • Earlybird: Rp 3.500.000,- /orang (Bayar 7 hari sebelum pelaksanaan)
  • Harga normal: Rp 4.000.000,- (Bayar 7 hari setelah pelaksanaan)
  • Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP)
  • Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat
  • GRATIS BUKU PINTAR PAJAK EDISI 2
  • Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

 


Instruktur: Muhamad Al Gamal, SE. Ak, MA, CA.


Trainer lulusan Master of Science in Administration di Universitas Indonesia ini memiliki segudang pengalaman professional, diantaranya: Founder and Executive Director at Center for e-Accountability System (CeAS), Associate Consultant (project based) in Information System & Technology, Taxation, Auditing and Accounting, Data Analyst for evaluation Youth Economic Empowerment Inisiative (YEEI) Program at Indonesia Business Link Foundatioun, Jakarta, Project Manager and System Analyst, Associate Consultant in Management Information System, Financial Reporting, Accounting System and Software Development dan pengalaman-pengalaman lainnya.

Bidang keahlian yang beliau kuasai adalah: Business Accounting and Budgeting, Government Accounting and Budgeting, Financial Statement Analysis, Management Audit, Cost & Management Accounting, Taxation, Business Process Design and Management, Designing Management/Accounting Information System (manual and computerized), Standard Operating Procedure Development, Financial Audit, Information System Audit, Computer Programming, Database Management, Public Policy Analysis.

Selain itu, beliau pernah terlibat aktif dalam mendevelop beberapa software, diantaranya: Auditing Information System Software, Web GIS software for Indonesia e-Business, General Ledger Accounting Software, MIS Software for trading, hotel, manufacturing, micro finance, government budgeting and accounting, Enterprise Resource Planning (ERP) Information System at PT. Kimia Farma Trading and Distribution (Subsidiary of PT. Kimia Farma Tbk), Balance Score Card Software for Ministry of Industry, Standard Operating Procedure (SOP) Software for Taxation.

 


Contact Person Jakarta: Saifudin / Irfan

Pelatihan ini dibuka untuk umum, silahkan amankan kursi Anda tempat terbatas! Klik tombol di bawah ini dan pesan tiket sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *