Speakers
H. SLAMET PRIRISWANTO, S.E., MBA.,CHRM
Trainer / Fasilitator
Latar Belakang
General Affairs (GA) atau biasa disebut Bagian Umum di suatu perusahaan biasanya bagian yang dianggap tidak penting oleh sebahagian karyawan dan oleh Kepala-kepala Bagian yang lain. Bahkan kadang-kadang keberadaannya disepelekan, karena dianggap bahwa tugas dan pekerjaannya adalah hal-hal yang sepele dan remeh-temeh (misalnya: hanya urusan WC MAMPET & kotor; masalah Kendaraan; urusan Kebersihan dan Sampah; dan hal-hal Tetek-bengek lain, yang tidak penting).
Padahal Bagian Umum merupakan “tangan kanan“ operasional dari Departemen HRD untuk urusan Umum, karena beberapa tugas & pekerjaan GA sangat membantu kelancaran operasional dan merupakan tugas-tugas pelayanan di bidang SDM.
Disamping itu, sangking banyaknya tugas dan pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh bagian umum ini, maka kadang-kadang staff yang menangani pekerjaan sampai kewalahan, sehingga tidak mustahil hasil kerjanya jadi tidak maksimal.
Yang lebih menyedihkan lagi adalah, staff di bagian umum ini pada umumnya sama sekali tidak mendapat perhatian dari pimpinan perusahaan (manajemen) untuk dikembangkan ketrampilan dan pengetahuannya. Selain itu, untuk memperjuangkan “perbaikan nasib“ (Gaji/Tunjangan dan Remunerasi lain), seringkali tidak diperhatikan oleh pihak Manajemen.
Sehingga mereka merasa bahwa bagian ini adalah tempat buangan orang-orang yang tidak berprestasi dan lebih sering dipergunakan untuk menampung Karyawan yang bermasalah.
Mengingat begitu pentingnya tugas bagian umum, karena merupakan pendukung (supporting) dari semua bagian/operasional di perusahaan, maka staff, supervisor bahkan manager bagian umum ini perlu mendapat bekal ketrampilan dan pengetahuan yang memadai, agar pelaksanaan pekerjaan mereka dapat lebih efektif dan efisien serta hasil pelayanannya dapat lebih baik dan maksimal.
Metoda Pengajaran / Pelatihan
- Pemaparan atau presentasi yang dibawakan oleh Narasumber dengan suasana dan gaya “SerSan“ serius tapi santai;
- Diskusi dan panel kelompok yang aktif membahas materi yang dipaparkan;
- Studi kasus dan bermain peran ( Case study and Role Play ) atas kejadian atau kasus yang nyata terjadi;
- Game atau permainan yang berhubungan dengan kasus-kasus GA yang biasa terjadi di perusahaan
Siapa yang seyogyanya ikut?
- Para Staff; Supervisor atau Officer yang menangani General Affairs
- Para GA Manager atau HRD Manager;
- Para Manager Non HR yang berminat mempelajari GA Management
- Para Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai GA Management
- Karyawan lain yang berkaitan dengan pelayanan umum (misal: Sekretaris Umum; Personal Assistant yang merangkap maslah umum; Chief Security)
- Professional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan General Affairs.
MATERI TRAINING
- Fungsi dan peran General Affairs dalam satu Organsiasi
- Ruang Lingkup & tanggung jawab General Affairs
a. Pelayanan Transfortasi dan Akomodasi
b. Pengadaan Fasilitas Kerja
c. Pengelolaan Gedung, Lingkungan dan Taman
d. Pengelolaan Kendaraan
e. Kesehatan dan Kesejahteraan Karyawan
f. Mengurus Perijinan
g. Pelayanan Umum
h. Fungsi Industrial & Employee Relation - Tugas-tugas Tambahan.
a. Pengamanan Perusahaan (Security) dan Pengelolaan Lingkungan
b. Pengadaan/Pembelian Keperluan Umum (ATK, Alat-alat) Kebersihan dan/atau Semua Keperluan
Operasional – Kecuali Barang Dagangan - Menetapkan Kompetensi General Affairs dan Kiat-Kiat menghadapi dan mengatasi Orang-Orang sulit
BIAYA INVESTASI
-
- Harga normal: Rp 3.000.000,-
- Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta
- Discount 10% bagi perusahaan yang mengirimkan 3 orang peserta
- Sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
- Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP)
- Biaya Pelatihan termasuk Obyek PPh 23 sesuai PMK 141/2015 (Mohon dipotong PPh 2% bagi WP Badan)
- Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.
Contact Person Jakarta: Saifudin / M. Zaki
Mobile: 0857. 7797.3481 | 0812.2379.5867
Phone: (021) 2963.4945; (021) 2963.4947; (021) 5010.0469
E-mail: [email protected] | [email protected]
Pelatihan ini dibuka untuk umum, silahkan amankan kursi Anda tempat terbatas! Klik tombol di bawah ini dan pesan tiket sekarang!
DAFTAR SEKARANG
Upcoming Events
Management Ekspor Import Customs, Shipping And Port Activities
25 September 2023Cash Flow and Treasury Management (Hybrid)
26 September 2023Cara Mudah Membuat Laporan TP Doc sesuai PMK 213/2016 dan OECD TP Guidelines 2022 Hybrid)
23 October 2023Tax Planning Terkait PPh Atas Imbalan Natura/Kenikmatan Sesuai PMK 66/2023
31 October 2023Pos Terbaru
Pajak Masukan atas Pembelian Tanah Dapat Dikreditkan?
1 September 2021Ketentuan Investasi atas Dividen yang Dikecualikan dari Objek PPh
1 September 2021Insentif Pengembalian Pendahuluan PPN Berpotensi Diperiksa di Kemudian Hari?
1 September 2021Apakah Wajib Pajak Bisa Menonaktifkan NPWP?
1 September 2021Pemindahan KPP Secara Jabatan, Apa yang Harus Dilakukan Wajib Pajak?
1 September 2021Pengisian SPT Tidak Benar, Apa Upaya yang Dapat Dilakukan Wajib Pajak?
1 September 2021Bagaimana Pemungutan PPN atas Pemanfaatan BKP Tidak Berwujud dari Luar Indonesia?
31 August 2021