PSAK 71, PSAK 72, & PSAK 73 Serta Implikasi PPh-nya

Pelatihan Perpajakan
Pelatihan "PSAK 71, PSAK 72, & PSAK 73 Serta Implikasi PPh-nya" akan dilaksanakan di Pratama Learning Center, Antam Office Park Tower B Lt 8 - Jl. TB Simatupang No 1, Jakarta Selatan. Klik tombol di bawah ini untuk memesan tiket!
PRICE
Rp3,500,000

Speakers

Start

23 December 2019 - 9:00 am

End

24 December 2019 - 4:00 pm

Address

Antam Office Park Tower B Lantai 8 Jl. T.B. Simatupang No.1,   View map

Categories

Finance

Sesuai ketentuan Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK), PSAK  71, 72, dan 73 yang merupakan adopsi dari Standar Pelaporan Keuangan Internasional IFRS, akan berlaku efektif per 1 Januari 2020.

PSAK 71 mengatur Instrumen Keuangan mengadopsi dari IFRS 9, akan mengubah metode perhitungan cadangan kerugian penurunan nilai aset keuangan. Selain industri perbankan dan perusahaan pembiayaan, PSAK 71 juga  berdampak signifikan untuk perusahaan di luar industri keuangan yang mempunyai piutang lebih dari setahun.

Sementara PSAK 72 tentang Pendapatan Kontrak dari Pelanggan yang mengadopsi IFRS 15 akan mengubah secara signifikan kapan perusahaan mengakui pendapatan, pengukuran pendapatannya termasuk bagaimana penyajian dan pengungkapannya di laporan keuangan.

Sedangkan PSAK 73 mengadopsi IFRS 16 yang mengatur mengenai Sewa (lease) akan mengubah secara signifkan pencatatan transaksi sewa dari sisi pihak penyewa (lessee). Hal yang menjadi tantangan adalah mengumpulkan seluruh kontrak yang mengandung sewa karena biasanya transaksi sewa tidak dilakukan secara terpusat, terutama perusahaan yang memiliki ratusan kantor cabang dan punya banyak anak perusahaan.


TUJUAN PELATIHAN


Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

  1. Mampu memahami perbedaan prinsip dan konsep PSAK 71 (IFRS 9) dengan prinsip dan konsep standard akuntansi versi PSAK 50 dan 55
  2. Mampu memahami secara detail Pengakuan, Pengukuran, Penyajian dan Pengungkapan financial instrument sehingga dapat mencerminkan informasi yang lebih relevan dan handal sesuai dengan IFRS 9 (PSAK 71)
  3. Memperoleh pengetahuan yang up to date bagi peserta agar akuntansi financial intrumen yang selama ini dianggap sangat sulit dapat dipahami dengan baik. Juga akan mengetahui bagaimana praktek akuntansi yang dituntut oleh regulator
  4. Memahami munculnya transaksi OCI dan menerapkannya dalam hal pembuatan laporan keuangan di perusahaannya.

TARGET PESERTA


Pelatihan ini dapat diikuti oleh seluruh karyawan accounting, finance, dan para manager dari Perusahaan yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bidang accounting dan pajak khususnya terkait dengan materi PSAK 71, 72 dan 73.


MATERI PELATIHAN


  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perubahan Radikal IFRS
    a. Dari Rules-based Approach ke arah Principles-based Approach
    b. Dari Historical Cost Accounting (HCA) ke arah Fair Value Accounting
    (FVA)
    c. Dari Income Statement Approach ke arah Balance Sheet Approach
  3. Konsep Penghasilan Menurut PSAK Berbasis IFRS
  4. Konsep Penghasilan Menurut UU PPh
  5. PSAK 71 Instrumen Keuangan
  6. PSAK 72 Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan
  7. PSAK 73 Sewa

INVESTASI


  1. Rp 3.500.000,- / peserta
  2. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta.
  3. Sudah termasuk 2x coffee break, 1x lunch, training module, workshop kit, dan sertifikat.
  4. Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP)
  5. Biaya pelatihan termasuk Objek PPh 23 sesuai PMK 141/2015 (Mohon dipotong PPh 2% bagi WP Badan)
  6. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

MORE DETAIL

Phone

021-2963.4945

Email

[email protected]

Pelatihan ini dibuka untuk umum, silahkan amankan kursi Anda tempat terbatas! Klik tombol di bawah ini dan pesan tiket sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat