Remuneration Management - Job Grading: Merancang Struktur dan Skala Upah Sesuai Permen 1/2017

publik training 04
Pelatihan "REMUNERATION MANAGEMENT - Job Grading: Merancang Struktur dan Skala Upah Sesuai Permen 1/2017" akan dilaksanakan di Pratama Learning Center, Antam Office Park Tower B Lt 8 - Jl. TB Simatupang No 1, Jakarta Selatan. Klik tombol di bawah ini untuk memesan tiket!
PRICE
Rp4,000,000 Rp3,500,000

Speakers

Aspar Arief
Asfar Arief, MBA
Trainer / Fasilitator

Start

23 Januari 2018 - 9:00 am

End

24 Januari 2018 - 4:00 pm

Address

Antam Office Park Tower B Lt.8   View map

Categories

HR

Sebenarnya ketentuan tentang SSU (Struktur & Skala Upah) yang tercantum dalam Pasal 92 dari UU 13/2003 telah cukup jelas diuraikan dalam Kepmen 49/2004 tentang Struktur dan Skala Upah. Namun Kepmen tersebut tidak mengharuskan perusahaan melaksanakannya. Karena kurang informasi dan tidak di-follow up, maka banyak perusahaan yang belum mau melaksanakannya. Umumnya sistim SSU ini hanya digunakan oleh para praktisi yang bekerja diperusahaan asing saja, karena sudah merupakan salah satu corporate policy-nya.

Karena belum diwajibkan, maka keluarlah PP 78/2015 yang mewajibkan semua perusahaan untuk melaksanakan sebagaimana tercantum pada Pasal 14 dari PP 78/2015 itu. Pada bulan Januari 2017 lalu KEMENAKER kemudian menerbitkan PERMEN 1/2017 dengan panduan lengkap mengenai teknik merancang SSU yang tidak jauh berbeda dengan KEPMEN 49/2004.

Management akan sangat berkepentingan untuk comply dengan peraturan yang ada mengenai SSU ini. HRD sebagai strategic partner dari Management dituntut untuk segera merancang SSU dan melaksanakannya sesuai dengan kondisi perusahaan.

SSU merupakan suatu alat dan teknik untuk pelaksanaan sistim remunerasi yang baik, yang mendukung terciptanya sistim remunerasi yang effective dan efficient untuk pengembangan dan pemberdayaan karyawan. Management memerlukan masukan yang tepat dari HRD agar sistim kompensasi kepada para karyawan dapat di-kelola  dengan baik, ada kejelasan dalam tingkat penggajian, lebih terbuka, mudah di-manage, effective, tidak menimbulkan kekecewaan karyawan, menciptakan ketenangan kerja, menghindari kecemburuan, pilih kasih dan diskriminasi.

Sistim remunerasi adalah salah satu hal yang crucial diperusahaan. Sistim yang baik adalah yang workable serta dapat berfungsi secara adil bagi seluruh karyawan, dan sedapat mungkin tingkat penggajian perusahaan competitive dalam industri sejenis. Adanya tingkat penggajian yang baik akan memudahkan mencapai HRD objectives yaitu ”to attract, to motivate and to retain” karyawan.

Workshop 2 hari ini akan membantu para peserta yang idealnya terdiri dari para Executive yang ikut menentukan kebijakan sistim penjenjangan kepangkatan dan jabatan diperusahaan dan para Staff Remunerasi yang melaksanakan payroll administration. Dalam membuat Job Grading dan SSU ini diperlukan beberapa teknik agar sinkron dengan leveling, grading, job description, bench marked positions dan salary scale. Training ini tidak akan effective apabila diberikan secara teoritis saja tanpa praktek langsung menggunakan rumus-rumus Excel.

Peserta akan dibimbing untuk  mampu mengerjakan sendiri Job Grading, Struktur Penggajian dan beberapa materi yang terkait dengan remunerasi. Dengan sistim yang baik, dimana ada kejelasan mengenai ”level, grade dan step” akan dapat menjawab pertanyaan berapa gaji seorang karyawan secara ”teoritis” berdasarkan masa kerjanya. Penentuan salary offer kepada calon karyawan juga akan lebih tepat tanpa harus menanyakan berapa expected atau present salary-nya. Juga akan diketahui dimana posisi gaji seseorang dalam skala gaji yang berlaku untuk golongannya. Semuanya akan sangat penting artinya dalam melaksanakan administrasi remunerasi di perusahaan.

 


TARGET PESERTA


Setelah mengikuti peltihan ini peserta diharapkan:

  1. Staff HRD yang mengerjakan Payroll dan administrasi penggajian.
  2. Para Supervisor dan Manager yang memerlukan pengertian bagaimana gaji di-design dan bisa memahami bagaimana menentukan tingkat penggajian bagi karyawan.
  3. Para Executive yang punya tanggung jawab menentukan kebijakan Remuneration System.
  4. Para Internal Auditor yang memerlukan pengetahuan mengenai Remuneration Policy.

 


PROGRAM OUTLINE


  1. Kepmen 49/2004, PP 15/2015 & PERMEN 1/2017 tentang SSU.
  2. Organization Charts, Bench Marked Positions & Job Codes.
  3. Job Analysis, Job Description.
  4. Job Evaluation menggunakan Point Value System untuk menentukan nilai gaji.
  5. Job Grading : Job Level, Job Classification, Grade, Step dan Range atau Spread.
  6. Administrasi Penggajian : Mekanisme penentuan tingkat upah, menghitung gaji, lembur, sistim incentive dan SPI dalam penggajian.
  7. Performance Management dan KPI untuk Managerial staff.
  8. Rumus rumus EXCEL untuk mengolah data penggajian. Mengharapkan peserta membawa lap top sendiri untuk praktek langsung.

 


BIAYA INVESTASI


  • Earlybird: Rp 3.500.000,- /orang (Bayar 7 hari sebelum pelaksanaan)
  • Harga normal: Rp 4.000.000,- (Bayar 7 hari setelah pelaksanaan)
  • Biaya di atas belum termasuk PPN, sudah termasuk PPh 23 (Mohon dapat melampirkan NPWP)
  • Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat
  • Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

 


Contact Person Jakarta: Saifudin / Irfan


Mobile: 0857. 7797.3481 | 0858.1737.1575
Phone: (021) 2963.4945; (021) 2963.4947; (021) 5010.0469
E-mail: info@pratamaindomitra.co.id | lokakarya@pratamaindomitra.co.id

Pelatihan ini dibuka untuk umum, silahkan amankan kursi Anda tempat terbatas! Klik tombol di bawah ini dan pesan tiket sekarang!

DAFTAR SEKARANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *