GCG Teori dan Praktek (Menuju Perusahaan yang Good Governed Company)

Rabu – Kamis, 21-22 November 2012 (09:00 – 16:00 WIB) | Hotel Bumi Karsa Bidakara, Jakarta


DESKRIPSI

Perkembangan usaha dewasa ini telah sampai pada tahap persaingan global dan terbuka dengan dinamika perubahan yang demikian cepat. Dalam situasi kompetisi global seperti ini, Good Corporate Governance (GCG) merupakan suatu keharusan dalam rangka membangun kondisi perusahaan yang tangguh dan sustainable.

GCG adalah suatu praktik pengelolaan perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders. Dengan implementasi GCG, maka pengelolaan sumberdaya perusahaan diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan perusahaan dan memperhatikan stakeholders approach.

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI PELATIHAN GCG INI?
Dewan Komisaris, Direksi, Corporate Secretary, Komite Audit, Komite GCG, bagian Legal dan Compliance, Internal Audit perusahaan BUMN dan Swasta, Dana Pensiun, Yayasan/Koperasi, dan masyarakat umum yang hendak mengimplementasikan GCG.

MATERI PELATIHAN HARI PERTAMA

  1. GCG: Comprehensive Understanding

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai apa itu GCG secara komprehensif dari awal mula inisiasi GCG, prinsip-prinsip universal implementasi GCG, Infratructure and softstructure GCG, best practices implementasi

    GCG, tujuan dan manfaat penerapan GCG bagi perusahaan dan peran penting agent of change dalam membangun GCG di perusahaan termasuk perkembangan isu-isu GCG hingga saat ini.

  2. Pentingnya Code of Conduct di Perusahaan

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai apa itu Code of Conduct, tujuan dan manfaat Code of Conduct bagi perusahaan, apa itu dilema etika serta cara mengatasinya.

  3. Pelaksanaan Whistleblowing System di Perusahaan

    Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai apa itu Whistleblowing System, mengenali gejala-gejala pelanggaran serta bagaimana membangun mekanisme Whistleblowing System di perusahaan

MATERI HARI KEDUA

  1. Pelaksanaan Assessment GCG

    Pada bagian ini peserta akan diajak untuk mengenal beberapa metodologi assessment yang digunakan dalam mengukur penerapan GCG di perusahaan, bagaimana cara melakukan pengukuran (assessment) Implementasi GCG di perusahaan serta bagaimana kiat-kiat menjadi assessor.

  2. Studi Kasus GCG

    Pada bagian ini akan dibahas mengenai beberapa kasus seputar GCG dimana peserta akan dilibatkan secara interaktif melalui metode diskusi, presentasi dan role play sehingga peserta seolah-olah terlibat langsung dalam kasus yang sedang dibahas

BIAYA INVESTASI : Rp 3.500.000,00

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, sertifikat, dan doorprizemenarik.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan lokakarya.

INSTRUKTUR TRAINING

Syahrul OA

Syahrul memiliki spesialisasi pada bidang hubungan stakeholders dan aplikasi GCG di Perusahaan. Hal tersebut ditunjang oleh latar belakang pendidikan di bidang Administrasi Bisnis dan pengalaman yang relevan pada multi sektor industri. Saat ini Syahrul menjabat sebagai Partner di Pratama Indomitra. Syahrul telah banyak membantu puluhan perusahaan untuk mengim-plentasikan GCG antara lain PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Semen Tonasa (Persero), PT Pupuk Sriwijaya (Persero), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Wijaya Karya (Persero), PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), dan PTPN III. Syahrul juga aktif sebagai dosen tamu dan sebagai pembicara dalam berbagai workshop, In house training, dan seminar. Selain, itu Syahrul juga telah menerbitkan buku “Kisah-Kisah GCG: Pembelajaran untuk Mewujudkan GCG yang Lebih Baik.”

Andry Maulidi

Andry merupakan konsultan GCG yang memiliki pengalaman panjang dalam berinteraksi dengan GCG. Saat ini Andry menjabat sebagai General Manager di Pratama Indomitra. Dengan latar belakang pendidikannya di bidang statistik, Andry telah banyak membantu perusahaan dengan berbagai sektor industri dalam menerapkan GCG antara lain: PTPN III, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Indonesia Power, PT Transportasi Gas Indonesia, PT Pertamina (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Taspen (Persero), PT Jamsostek (Persero), PT Waskita Karya (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Bursa Efek Indonesia, PT PLN (Persero), dan PT Krakatau Bandar Samudera. Andry juga aktif sebagai pembicara dalam berbagai kegiatan in-house training dan workshop GCG.

INFORMASI DAN REGISTRASI

SAIFUDIN: 0888 876.6164
Tlp.: (021) 8414.447-8
Fax.: (021) 8779.2353

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *