Implementasi UCP 600 Di Dalam Transaksi Letter Of Credit (LC)

Selasa-Rabu,17-18 Feb 2015 (09.00 – 16.00 WIB), Hotel Manhattan, Jakarta

PEMAHAMAN MASALAH

Dalam pelaksanaan perdagangan internasional, Letter of credit, shipping dan kepabeanan sangat erat dan masing masing memegang peranan penting. Untuk itu diperlukan ketrampilan kusus bagi pelaku bisnis perdagangan internasional untuk mendaamai masalah Letter of Credit, Shipping dan Perbankan yang di aplikasikan dalam shipping dan pabean. Pelatihan ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai letter of credit di kaitkan dengan shipping dan kepabeanan. Di akhir pelatihan, peserta akan semakin merasakan manfaat pelatihan dengan diberikan latihan pengisian dokumen ekspor – impor dengan benar serta permasalahan – permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan.

Pelatihan ini akan disampaikan oleh instruktur yang berpengalaman di bidang ekspor impor. Dalam pelatihan ini peserta akan dibimbing step by step agar bisa menjalankan proses ekspor impor secara efektif dan efisien.

METODE PELATIHAN :

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Latihan Individual dan Kelompok

SASARAN PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukan untuk Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan – perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan / Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll

MANFAAT PELATIHAN

Manfaat dari pelatihan ini diantaranya adalah :

  1. Peserta memahami / menguasai peraturan-peraturan yang berlaku didalam pembayaran Internasional.
  2. Peserta mengetahui sekaligus menghindari praktek-praktek serta modus-modus penipuan yang sering kali di gunakan didalam transaksi L/C.
  3. Peserta mengetahui alternatif instrument pembiayaan.
  4. Peserta mengerti tentang bagaimana mendapatkan pembiayaan / pinjaman tanpa penyertaan jaminan.
  5. Peserta diberikan pemahaman tentang pengunaan L / C secara tepat terhadap resiko yang akan dihadapi dan juga mampu merancang sumber dan modifikasi pembiayaan terhadap underlaying transaksi yang digunakan untuk meningkatkan keuntungan.

RUANG LINGKUP MATERI PELATIHAN

Untuk mencapai tujuan diatas berikut materi yang akan dibahas dalam pelatihan tersebut :

  1. Perdagangan Internasional
    1. Pengertian perdagangan internasional
    2. Hal hal penting yang perlu diperhatikan dalam perdagangan internasional
    3. Persyaratan yang harus dipenuhi
    4. Resiko resiko yang timbul dan cara mengatasinya
    5. Incoterm 2010 / syarat penyerahan barang
  2. Metode Pembayaran Internasional
    1. Advance Payment
    2. Open Account
    3. Consignment
    4. Collection
    5. Letter of credit
  3. Seluk beluk tentang Letter of credit
    1. Manfaat dan fungsi Letter of credit
    2. Media atau sarana yang dipakai dalam penerbitan Letter of credit
    3. Dasar hukum Letter of credit
    4. Prinsip prinsip dasar Letter of credit
    5. Pihak pihak yang terlibat dalam Letter of credit
    6. Jenis jenis Letter of credit
  4. Prosedur impor dengan Letter of credit
    1. Sales contract
    2. Proses Penerbitan Letter of credit:
      1. Proses dan prosedur penerbitan Letter of credit Impor
      2. Pemahaman Pengisian Applikasi L/C dan isi Letter of Credit
      3. Komponen – komponen biaya terkait dengan penerbitan Letter of credit
      4. Bagaimana cara mengautentifikasi atas keaslian Letter of credit oleh
    3. Cara cara mengurangi resiko penggunaan Letter of credit
      1. Permohonan perubahan Letter of credit
      2. Proses dan prosedur perubahan Letter of credit yang dilakukan bank
      3. Komponen biaya yang timbul karena perubahann Letter of credit
      4. Penolakan Amendment L/C Impor.
    4. Latihan Pengisian Pembukaan dan perubahn Letter of credit.
  5. Pemahaman dasar-dasar Kepabeanan
  6. Prosedur ekspor dengan menggunakan L/C
    1. Memahami syarat dan kondisi L/C
    2. Tata cara pemeriksaan dokumen
    3. Descrepancy dan penangannya
    4. Negosiasi dokumen ekspor
    5. Collection basis
    6. Diskonto
  7. Uniform Custom and Practice ( UCP 600 )
    1. Definisi dan interpretasi
    2. Credit vs sasles contract
    3. Availability, masa berlaku dan tempat penyerahan dokumen ekspor
    4. Kewajiban issuing dan confirming bank
    5. Pemberitahuan L/C & perubahannya (amendment)
    6. Standard pemeriksaan dokumen
    7. Dokumen yang comply dan discrepancy (penyimpangan)
    8. B/L, seaway bill, charter party B/L, airway bill dll
    9. Perpanjangan masa berlaku L/C
    10. Toleransi amount, quantity, price
    11. Partial shipment & instalment drawing
    12. Force majeure
    13. Transferable credit dan pengalihan hasil ekspor
  8. Implementasi UCP 600 terhadap:
    1. Dokumen financial ( Financial documents)
    2. Dokumen Komersial ( Commersial documents)
    3. Dokumen Transportasi ( transportation documens)
    4. Official documents
    5. Pemeriksaan Dokumen
  9. UCP 600 VS ISBP
  10. Fraud di dalam Transaksi Perdagangan Internasional

INVESTASI Rp 4.000.000,-

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUKTUR : TIM Instruktur Pratama Indomitra Konsultan

INFORMASI DAN REGISTRASI

SAIFUDIN: 0888 876.6164
Tlp.: (021) 8414.447-8
Fax.: (021) 8779.2353

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *