International Trade and Its Payment Methods

Kamis-Jum’at, 9-10 Juli 2015 (09.00 – 16.00 WIB), Hotel Bidakara atau Manhattan , Jakarta


LATAR BELAKANG

Trend utama dikalangan dunia usaha dewasa ini adalah munculnya fenomena Libralisme pasar atau pasar bebas. Menghadapi pasar bebas tersebut berbagai negara didunia dan para pelaku bisnis mengembangkan sistem ekonomi terbuka (an open economic). Indonesia sebagai salah satu negara penganut sistem tersebut bertujuan untuk memberikan keuntungan besar bagi bangsa Indonesia dalam melakukan transaksi bisnis. ”Ekspor dan Impor” merupakan bisnis internasional yang dapat memberikan keuntungan currency dan non currency bagi Perusahaan dan Pemerintah.

International Trade and Its Payment Methods ini didisain untuk membantu dan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dan kemampuan praktis tentang proses perdagangan internasional, metode pembayaran dan strategi mengurangi resikonya, dokumen-dokumen yang diperlukan serta peraturan internasional yang mengaturnya

TUJUAN PELATIHAN

Dengan mengikuti in-house training ini, para peserta akan mampu:

  1. Memahami ruang lingkup perdagangan internasional;
  2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang perdagangan internasional, baik dalam peraturan maupun implementasinya.
  3. Mengelola administrasi proses transaksi perdagangan internasional;
  4. Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah perdagangan internasional baik secara mekanisme, pembayaran, maupun pengawasan.

MATERI PELATIHAN

Overview Transaksi Perdagangan Internasional

  1. Pengertian Perdagangan Internasional
  2. Ketentuan dalam negeri di bidang Ekspor – Impor
  3. Persyaratan menjadi Eksportir dan Importir
  4. Pengelompokkan barang ekspor – impor

Sales Contract

  1. Ketentuan Kontak Jual Beli
  2. Jenis – jenis Kontak Jual Beli
  3. Proses Kontak Jual Beli

Metode Pembayaran Internasional selain Letter of Credit (L/C)

  1. Advance Payment
  2. Open Account
  3. Collection Drafts
  4. Consignment
  5. Counter Trade

Metode Pembayaran Internasional Menggunakan Letter of Credit (L/C)

  1. Definisi dari L/C
  2. Tujuan dan Fungsi L/C
  3. Proses Autentifikasi L/C (Open by mail, telex and Swift)
  4. Pihak – pihak yang terlibat dalam proses L/C
  5. Jenis – jenis L/C dan Tenor L/C
  6. L/C opening process (Import) dan L/C advising process (Export)
  7. TEKNIK MENDETEKSI KEASLIAN (L/C)
  8. PENERTIBAN DAN PERUBAHAN (L/C)
  9. LABORATORIUM MENGISI APLIKASI DAN PERUBAHAN (L/C)

Strategi Mengurangi Resiko Penggunaan Letter of Credit (L/C)

  1. Memahami Syarat & Kondisi (L/C) beserta Laboratorium
  2. Jenis Dokumen Ekspor – Impor beserta Laboratorium
    1. Financial Document
    2. Commercial Document
  3. Transport Document
  4. Official Document
  5. Study Kasus

Shipping Documents

  1. Bill of Lading (B/L)
  2. Functions of B/L
  3. Transferring Process of Negotiable B/L
  4. Part of B/L

International Rules and Negotiation Process

  1. Uniform Custom and Practice (UCP 500)
  2. Pemeriksaan Document
  3. Discrepancy
  4. Alternatif Penyelesaiannya
  5. Pengambilalihan Dokumen oleh Bank (Negotiation)

Under Collection Basis

INVESTASI Rp 3.850.000,-

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUKTUR: TIM Instruktur PT Pratama Indomitra Konsultan.

INFORMASI dan REGISTRASI

SAIFUDIN: 0888 876.6164

Tlp.: (021) 8414.447-8
Fax.: (021) 8779.2353

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *