Pemahaman Prosedur Ekspor Impor Terpadu Dan Aspek Pajaknya

Kamis-Sabtu, 27-29 Juni 2013 (09.00 – 16.00 WIB), Hotel Manhattan, Jakarta


MENGAPA PELATIHAN PENTING UNTUK DIIKUTI?

Kegiatan ekspor-impor adalah kegiatan bisnis yang melibatkan banyak pihak, seperti eksportir, importir, bank, perusahan angkutan, asuransi, Direktorat Jenderal Bea & Cukai, Direktorat Perdagangang Luar Negeri, Depperindag, Surveyor, dan lain-lain. Dengan demikian maka banyak peraturan dan prosedur yang harus dilaksanakan oleh eksportir dan importir. Selain itu adanya perbedaan interpretasi bisnis dengan pihak-pihak di luar negeri juga seringkali menjadikan satu hal yang bisa menghambat dalam melakukan kegiatan transaksi ekspor impor yang akhirnya membuat kegiatan ekspor impor menjadi lebih rumit.

Aspek perpajakan dalam transaksi ekspor impor juga merupakan satu hal yang perlu mendapatkan perhatian yang serius dari para eksportir dan importir. Dengan demikian maka para eksekutif di bidang ekspor impor tentunya dituntut untuk memahami seluruh prosedur dan ketentuan di bidang ekspor impor beserta aspek perpajakan yang melekat didalamnya. Hal ini sangat diperlukan demi kelancaran proses ekspor impor, lebih jauh lagi agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

Pelatihan ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor impor secara terpadu sekaligus dengan aspek perpajakan yang melekat dalam setiap transaksi ekspor impor. Dalam pelatihan ini peserta akan diberikan latihan-latihan transaksi ekspor impor dengan benar serta permasalahan-permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan.

SIAPA YANG HARUS HADIR

Workshop ekslusif ini sangat dianjurkan untuk diikuti oleh para eksekutif, supervisor, senior staf di bidang ekspor impor dari perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspor dan/atau impor, perusahaan pelayaran, pengusaha jasa titipan (ekspedisi), bank, lembaga pembiayaan ekspor impor, Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), Perusahaan di Kawasan Berikat (PDKB) dan Pengelola Kawasan Berikat (PKB), serta konsultan bisnis.

PROGRAM OUTLINE

HARI I

  1. Perdagangan Internasional
  2. Gambaran Umum Kepabeanan
  3. Kepabeanan di Bidang Impor
  4. Pengeluaran Barang Impor
  5. Penetapan Jalur & Pemeriksaan Pabean
  6. Tata Kerja Penyelesaian Barang Impor Dengan Sistem
  7. Kepabeanan di Biadang Ekspor

HARI II

  1. Shipment (Pengapalan) & Jasa-jasa di Pelabuhan
  2. Jalur Prioritas
  3. Jenis Pembayaran Ekspor Impor
  4. Letter of Credit (L/C)
  5. Dokumen Ekspor Impor

HARI III

  1. Shipment (Pengapalan) & Jasa-jasa di PelabuhanShipment (Pengapalan) & Jasa-jasa di Pelabuhan
  2. Strategi Mengurangi Resiko Penggunaan L/C
  3. Trade Finance Product/Banking Facility
  4. Pembahasan Kasus-kasus Yang Sering Terjadi Dalam Transaksi Ekspor Impor
  5. Aspek Pajak Atas Kegiatan Ekspor Impor Untuk PPh 22
    1. Dasar hukum pengenaan Pajak Penghasilan Pasal 22
    2. Hal-hal yang dikecualikan dari pemungutan PPh Pasal 22
  6. Aspek Pajak Atas Kegiatan Ekspor Impor Untuk PPN
    1. Dasar hukum pengenaan PPN atas kegiatan Ekspor Impor
    2. Pajak Pertambahan Nilai atas Impor BKP
    3. Pajak Pertambahan Nilai atas Ekspor BKP oleh PKP
    4. Mekanisme penyetoran PPN terutang, pengisian SSP dan pelaporan di SPT Masa PPN sesuai dengan PER-146/PJ/2006
  7. Fasilitas PPN Atas Impor BKP
    1. Fasilitas yang dibebaskan dari pengenaan PPN/ PPn BM atas Impor BKP
    2. Fasilitas PPN/ PPn BM yang tidak dipungut atas Impor BKP

PERHATIAN

Setiap peserta “SANGAT DIHARAPKAN” membawa laptop sendiri-sendiri karena kami akan membagikan softcopy latihan perhitungan PPh Pasal 21 dalam format MS Excel. Softcopy tersebut bisa digunakan untuk menghitung PPh 21 untuk lebih dari 1 juta pegawai. Jangan lewatkan kesempatan emas ini.

INVESTASI Rp 5.000.000,-

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUKTUR :

TIM INSTRUKTUR PRATAMA INDOMITRA KONSULTAN

INFORMASI DAN REGISTRASI

SAIFUDIN: 0888 876.6164
Tlp.: (021) 8414.447-8
Fax : (021) 8779.2353

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *