Pencadangan Employee Benefit Dapat Menjadi Biaya Pengurang Bagi Perusahaan?

Pencadangan Employee Benefit Dapat Menjadi Biaya Pengurang Bagi Perusahaan?

Pertanyaan:

Apakah biaya pencadangan employee benefit merupakan objek PPh Pasal 21? Apakah biaya tersebut merupakan biaya yang dapat dikurangkan atau tidak bagi perusahaan? -Anton Tjia

 

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan Bapak Anton, kami akan coba menjawab. Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) UU No. 7/1983 tentang Pajak Penghasilan s.t.d.t.d. UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja (“UU PPh”), konsep “Penghasilan” itu sendiri merupakan setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak, dengan nama dan dalam bentuk apa pun. Lebih lanjut, PPh Pasal 21 adalah pemotongan pajak atas penghasilan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apa pun yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri.

Sebagaimana konsep penghasilan sesuai UU PPh di atas, pencadangan employee benefit bukan merupakan tambahan kemampuan ekonomis bagi karyawan karena masih bersifat pencadangan. Pencadangan artinya benefit tersebut belum diterima atau diperoleh oleh karyawan sehingga bukan merupakan objek PPh Pasal 21. Karyawan belum memiliki hak tagih atas employee benefit tersebut sehingga bukan merupakan penghasilan bagi karyawan. Kemudian, bagi perusahaan pencadangan employee benefit tersebut merupakan non deductible expense karena belum terealisasi sebagaimana diatur dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c UU PPh.

Dengan demikian, pencadangan employee benefit bukan merupakan objek PPh Pasal 21 dan atas pencadangan tersebut tidak dapat menjadi pengurang dalam penghitungan PPh Badan.

1 Comment

  • Menyambung topik pencadangan employee Benefit yang pada penjelasan di atas bukan Objek PPh 21 dan juga Non Deductable pada PPh Badan, lalu Bagaimana jika pencadangan Pesangon oleh perusahaan untuk karyawannya pada pengelola Dana Pensiun Lembaga Keuangan?

    fathinningsih Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *