USKP Review 2017 Vol A

USKP Review 2017 Vol A

Rp200,000

Buku USKP Review 2017 Vol A

Stok 761

SKU: BK-008Kategori:

Deskripsi Produk

Buku USKP Review 2017 Vol A – Al-hamdu lillaahi rabbi al-‘alaamiin, segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam atas karunia-Nya karena buku USKP Review 2017 akhirnya dapat hadir di tengah-tengah pembaca. Buku USKP Review 2017 ini dibagi menjadi dua volume, yaitu USKP Review 2017 – Volume A dan USKP Review 2017 – Volume B & C. Pemisahan menjadi dua volume lebih ke pertimbangan tebal halaman dan kepraktisan saja. Buku volume A berisi sekilas pandang konsultan pajak dan soal jawab USKP Tingkat A. Buku volume B & C berisi soal jawab USKP Tingkat B dan C.

Buku volume A dan buku volume B & C melengkapi buku “Buku Pintar Pajak” yang telah hadir sebelumnya dan yang saat ini sedang persiapan memasuki edisi kedua. Buku USKP Review 2017 juga melengkapi buku “Modul Kursus Sertifikasi Konsultan Pajak” yang telah hadir sebelumnya dan yang saat ini juga sedang persiapan memasuki edisi kedua. USKP Review 2017 menjadi teman setia bagi mereka yang mencoba menapaki belantara dunia konsultan pajak melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) Tingkat A, B, dan C.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014 tanggal 9 Juni 2014 dan Peraturan Dirjen Pajak No. Per- 13/PJ/2015 tanggal 10 Maret 2015. Kedua ketentuan tersebut menjadi rujukan bagi para konsultan pajak yang berpraktik menangani klien-klien mereka. Di dalamnya juga diatur detil permasalahan USKP. Jadi, dalam setahun direncanakan akan ada dua kali penyelenggaraan USKP. Untuk periode pertama di 2017 sejak “PMK triple one” (sebutan lain dari Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014) tersebut keluar, USKP akan diselenggarakan pada tanggal 14-15 Januari 2016 setelah sebelumnya ada moratorium selama hampir dua tahun.

Buku USKP Review 2017 ini hadir sebagai bentuk kontribusi tim penyusun kepada masyarakat untuk membantu para peserta USKP agar mereka dapat melewati “ujian hidup” secara efektif dan efisien. Kata “efektif” berarti bahwa para peserta USKP dapat menggapai ekspektasi yang telah dicanangkan, sedangkan kata “efisien” berarti bahwa para peserta USKP dapat menghemat sumber daya yang dimiliki sehingga tidak terjadi pemborosan. Sumber daya tersebut dapat meliputi waktu, biaya, tenaga, dan/atau pikiran. Buku USKP Review 2017 juga menjadi wujud dari motto tim penyusu, yaitu “Sebaikbaik manusia adalah mereka yang paling bermanfaat bagi sesamanya”. Motto tersebut berasal dari suri teladan semua manusia yang menjadi insan paling sempurna di muka bumi ini (Nabi Muhammad SAW). Sesuai dengan judul buku, isi USKP Review 2017 adalah untuk mengulas (mereview) soal-soal yang pernah diujikan pada USKP periode sebelumnya. Ulasan tidak hanya sekedar berupa jawaban atas pertanyaan pilihan ganda, soal essay, maupun studi kasus/pengisian SPT. Akan tetapi, di dalamnya juga diuraikan penjelasan yang komprehensif sehingga memperluas wawasan pengetahuan para peserta USKP dan para konsultan pajak yang tengah meng-upgrade kompetensi mereka. Para konsultan pajak yang sudah memperoleh sertifikasi tingkat C juga masih tetap dapat memanfaatkan isi buku USKP Review 2017 ini untuk menambah pengetahuan perpajakannya.

Ada empat bab yang diuraikan dalam buku USKP Review 2017. Bab pertama tentang pendahuluan mengulas Pengertian Konsultan Pajak, persyaratan Konsultan Pajak di Indonesia, Ujian atau Penyetaraan Tingkat Sertifikasi Konsultan Pajak, Hak dan Kewajiban Konsultan Pajak, Penyelenggaraan Sertifikasi Konsultan Pajak, Komposisi Soal USKP, Bagaimana Menggunakan Buku Ini.

Bab dua berisi soal USKP Tingkat A untuk periode Juni dan September 2014 dan mengupas jawaban beserta penjelasan yang terkait dengan jawaban tersebut. Jika ada peraturan yang berbeda untuk tahun yang dirujuk di dalam soal dengan peraturan pajak di tahun pajak 2016, penjelasan akan menyertakan uraian tambahan tentang hal tersebut.

Pola pembahasan yang sama berlaku juga untuk bab tiga dan bab keempat. Bab tiga untuk soal jawab USKP Tingkat B periode Juni dan September 2014. Bab empat untuk soal jawab USKP Tingkat C periode Juni dan September 2014 juga. Khusus untuk materi pajak internasional, pada saat buku ini disusun, tidak diperoleh salinan soal USKP Tingkat C periode Juni 2014. Sebagai gantinya, diulas soal USKP periode November 2013.

Soal-soal USKP kadang kala memiliki kemiripan rujukan peraturan. Untuk itu, penjelasan untuk soal-soal tersebut dibuat saling berhubungan sehingga pembaca dapat memahami pola soal dan jawaban soal tersebut. Selain itu, penjelasan yang dibuat juga dapat saling melengkapi.

Untuk membantu pembaca, penjelasan yang dibuat mengiringi jawaban diperkaya juga dengan tabel dan/atau gambar. Tujuannya adalah agar para pembaca tidak merasa jenuh dengan isi buku ini. Selain itu, banyak tabel berisi rangkuman peraturan. Rangkuman tersebut membantu pembaca yang kadangkala menemui kesulitan ketika langsung membaca peraturan pajak secara utuh.

Sebagai akhir kata, tidak lupa tim penyusun mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung tim penyusun di dalam penyelesaian modul ini. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan kepada kita semua. Tak ada gading yang tak retak. Peribahasa ini menjadi salah satu yang tim penyusun yakini karena modul ini pasti jauh dari kata sempurna. Karena itu, saran perbaikan dari pembaca sangat tim penyusun tunggu untuk perbaikan di masa mendatang.

buku uskp review 2017

Informasi Tambahan

Berat0.68 kg
Judul Buku

USKP REVIEW 2017 VOL. A

Penulis

Prianto Budi S., Ak., CA., MBA.

Tebal

273+ Halaman

ISBN

978.602.18954.7.4

Profile Penulis

Nama lengkap penulis adalah Prianto Budi Saptono, sedangkan nama panggilannya adalah Prianto / Prie. Dia lahir di Purwokerto dan sekarang memiliki 1 istri dengan 5 anak (4 laki-laki dan 1 perempuan). Pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 dia selesaikan di STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta. Pasca-sarjananya diselesaikan di Master of Management UGM dengan konsentrasi Human Resource Management (HRM). Tesisnya terkait dengan dua bidang ilmu yang secara langsung tidak terkait dengan HRM, yaitu Akuntansi dan Perpajakan. Tesis tersebut kini telah menjadi buku yang ada di tangan pembaca. Untuk memperdalam lagi isi tesis yang telah dibukukan tersebut, kini pemegang gelar MBA dari UGM ini tengah menimba ilmu di Program Doktoral FISIP Universitas Indonesia – Ilmu Administrasi (Fiskal).

Saat ini, organisasi profesi yang dia geluti adalah Pengurus Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Jakarta [Bidang Pelatihan] dan Pengurus Pusat Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) sebagai Wakil Kepala Biro PPL (Pengembangan Profesional Berkelanjutan).

Sebelum fokus di bidang konsultan pajak dengan sertifikasi C (USKP) di PT Pratama Indomitra Konsultan mulai 2010 hingga sekarang, pengalaman kerjanya diawali sebagai pemeriksa pajak pada Ditjen Pajak, khususnya Karikpa Jakarta Enam (1994–1999). Selepas menjadi pegawai pajak, karir di swasta dimulai sebagai auditor/konsultan pajak pada KAP Kanaka Puradiredja & Rekan (2000–2004). Lalu, pada tahun 2004 konsultan pajak mandiri mulai dirintis dengan mendirikan PT Partner Utama Konsultan (2004–2010).

Review

Belum ada ulasan.

Tujuan Pengiriman

Got something to discuss?


 

Anda mungkin juga suka…

CartItem Removed. Undo
  • No products in the cart.