Strategic Governance Policy Making GCG Implementation More Applicable

Jum’at, 18 Januari 2013 (09.00 – 16.00 WIB), Hotel Bidakara, Jakarta


PENDAHULUAN

Saat ini banyak perusahaan masih terkendala bahwa implementasi GCG hanya menjangkau di level atas sebagaimana direksi, dewan komisaris dan pemegang saham, belum menyentuh level operasional dan pegawai secara keseluruhan.

Strategic Governance Policy (SGP) merupakan solusi efektif dalam implementasi GCG agar lebih membumi dan aplikatif. Strategic Governance Policy sebagai bentuk arahan strategis direksi dan dewan komisaris dikemas agar dapat diterjemahkan oleh eksekutif senior dalam mengimplementasikan kebijakan manajemen sampai pada akhirnya dapat menjadi acuan dalam penyusunan standard operating procedure (SOP) dan instruksi kerja.

Strategic Governance Policy merupakan induk Kebijakan Perusahaan yang dikembangkan menjadi suatu sistem kebijakan yang bersifat holistik dan terintegrasi sesuai prinsip-prinsip GCG. Dengan demikian seluruh peraturan, keputusan atau kebijakan yang dikeluarkan Perusahaan menjadikan Strategic Governance Policy sebagai standar dan pedoman dasar dalam pembentukannya. Strategic Governance Policy menjadi rujukan manajemen diantaranya dalam melaksanakan etika perusahaan, corporate strategy, organisasi korporasi, internal control, manajemen risiko, serta membangun citra positif perusahaan, hukum maupun corporate social responsibility.

Pemberlakuan Strategic Governance Policy diarahkan untuk mendorong manajemen supaya mampu menghidupkan check and balance pada setiap proses bisnis di tiap level maupun fungsi manajemen berdasarkan jiwa dan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang bersifat universal, yaitu: transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan fairness (kewajaran).

TUJUAN PELATIHAN

Tujuan pelatihan ini adalah sebagai berikut:

  1. Peserta dapat memahami kerangka implementasi GCG secara komprehensif
  2. Peserta dapat mengidentifikasi hal-hal penting dalam implementasi GCG yang efektif baik dari segi kecukupan infra-structure maupun soft-structure yang dimiliki perusahaan
  3. Peserta memiliki pemahaman bagaimana strategi menyusun Strategic Governance Policy yang membumi dan terintegrasi menjadi suatu sistem yang utuh
  4. Peserta dapat memahami tentang critical aspects yang perlu diidentifikasi dalam menterjemahkan Strategic Governance Policy menjadi pedoman dan prosedur maupun instruksi kerja.

PESERTA PELATIHAN

Dewan Komisaris, Direksi, Corporate Secretary, Sekretaris Dewan Komisaris, Internal auditor, Manajemen risiko, Divisi CSR, Divisi Strategik, Praktisi PR, dan Divisi terkait lainnya.

MATERI PELATIHAN

  1. What is Strategic Governance Policy: How does make different
  2. Linking Legal Corporate with Strategic Governance Policy
  3. Strategic Governance Policy and Detailed
  4. Linking Corporate Strategy with Strategic Governance Policy
  5. Linking Corporate Organization with Strategic Governance Policy
  6. Linking Corporate Secretary
  7. Linking External Relation and Corporate Image
  8. Linking Internal Control with Strategic Governance Policy
  9. Linking Risk Management with Strategic Governance Policy
  10. Linking CSR with Strategic Governance Policy
  11. Linking Code of Conduct and Charters with Strategic Governance Policy
  12. Simulasi Penyusunan Strategic Governance Policy

BIAYA INVESTASI : Rp 1.850.000,-

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, serta sertifikat.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan pelatihan.

INSTRUKTUR

Syahrul OA

Syahrul memiliki spesialisasi pada bidang hubungan stakeholders dan aplikasi GCG di Perusahaan. Hal tersebut ditunjang oleh latar belakang pendidikan di bidang Administrasi Bisnis dan pengalaman yang relevan pada multi sektor industri. Saat ini Syahrul menjabat sebagai Partner di Pratama Indomitra. Syahrul telah banyak membantu puluhan perusahaan untuk mengim-plentasikan GCG antara lain PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT Elnusa Tbk, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Semen Tonasa (Persero), PT Pupuk Sriwijaya (Persero), PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Wijaya Karya (Persero), PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero), dan PTPN III. Syahrul juga aktif sebagai dosen tamu dan sebagai pembicara dalam berbagai workshop, In house training, dan seminar. Selain, itu Syahrul juga telah menerbitkan buku “Kisah-Kisah GCG: Pembelajaran untuk Mewujudkan GCG yang Lebih Baik.”

Andry Maulidi

Andry merupakan konsultan GCG yang memiliki pengalaman panjang dalam berinteraksi dengan GCG. Saat ini Andry menjabat sebagai General Manager di Pratama Indomitra. Dengan latar belakang pendidikannya di bidang statistik, Andry telah banyak membantu perusahaan dengan berbagai sektor industri dalam menerapkan GCG antara lain: PTPN III, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Jasa Raharja (Persero), PT Indonesia Power, PT Transportasi Gas Indonesia, PT Pertamina (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Taspen (Persero), PT Jamsostek (Persero), PT Waskita Karya (Persero), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, Bursa Efek Indonesia, PT PLN (Persero), dan PT Krakatau Bandar Samudera. Andry juga aktif sebagai pembicara dalam berbagai kegiatan in-house training dan workshop GCG.

INFORMASI DAN REGISTRASI

SAIFUDIN: 0888 876.6164
Tlp.: (021) 8414.447-8
Fax.: (021) 8779.2353

 

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *