Head Office: Antam Office Park Tower B Lt.8
Jl. TB Simatupang No. 1 Tanjung Barat, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12530
15 Maret 2010 | → | Memulai bisnis dengan membuat Divisi Konsultan Pajak untuk menyediakan jasa konsultasi perpajakan, akuntansi, keuangan, pendampingan pemeriksaan dan sengketa pajak |
2010 | → | Berafiliasi dengan Russell Bedford International dan menyediakan jasa training perpajakan |
2011 | → | Menyediakan jasa transfer pricing dan membentuk Divisi Publishing |
2012 | → | Membentuk Divisi Compliance & Consulting, Divisi Accounting, Divisi Asistensi, Divisi Knowledge & Development Centre, dan menyediakan jasa tata kelola perusahaan yang baik |
2015 | → | Membentuk Divisi Good Corporate Governance |
2016 | → | Berafiliasi dengan Kreston International dan bertempat di Gedung Antam Office Park Tower B |
2017 | → | Membentuk Divisi Transfer Pricing |
2018 | → | Menyediakan jasa manajemen risiko |
2021 | → | Membentuk Divisi Tax Research Institute |
2023 | → | Membentuk Divisi Digital Content |
PT Pratama Indomitra Konsultan (“Pratama”) didirikan pada 15 Maret 2010 oleh Prianto Budi Saptono, seorang mantan pemeriksa pajak di Direktorat Jenderal Pajak, yang saat ini juga merupakan dosen tetap di Universitas Indonesia. Pratama merupakan perusahaan nasional dengan bisnis utama berupa penyediaan jasa konsultan pajak. Dalam rangka memperluas bisnis ke segmen internasional, Pratama menjadi anggota Kreston International, sebuah jaringan global kantor akuntan independen. Saat ini, Pratama memiliki 4 bisnis utama, yaitu Konsultansi, Pelatihan, Riset, dan Penerbitan.
Dalam “General Administrative Principles: Corporate Governance and Tax Risk Management,” OECD (2009) menyoroti peran penting otoritas pajak dalam memastikan agar para pimpinan perusahaan memahami bahwa mereka bertanggung jawab terhadap strategi pajak yang mereka terapkan dan hasil dari penerapan strategi tersebut. Saat ini, otoritas pajak semakin intens mendorong penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) dan membina hubungan dengan bisnis di semua sektor, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.
Pimpinan perusahaan bertanggung jawab kepada pemegang saham atas penerapan tata kelola perusahaan yang sesuai. GCG menjadi faktor penting bagi keberhasilan operasi bisnis. Pentingnya GCG dan transparansi menjadi isu utama dalam krisis keuangan dan ketidakpastian yang melanda dunia kita belakangan ini. Karenanya, para Pejabat Eksekutif (CEO) dan pimpinan perusahaan besar semakin mempertimbangkan manajemen risiko pajak sebagai bagian dari keseluruhan pengelolaan perusahaan. Mereka menyadari bahwa pengelolaan risiko pajak bisa berdampak pada kinerja keuangan dan reputasi mereka (OECD, 2009).
Risiko perpajakan umumnya diakibatkan oleh kompleksitas sistem dan peraturan perpajakan. Ketika aturan tersebut diterapkan dan ditafsirkan pada suatu transaksi, perspektif bisnis sangat mungkin berbeda dengan bagaimana otoritas pajak memandang. Karena itu, para pakar di banyak negara menyarankan agar risiko pajak dikelola seperti halnya risiko-risiko lainnya yang dihadapi perusahaan.
Menyadari pentingnya upaya manajemen risiko perpajakan, kami mendirikan Pratama Indomitra untuk memberikan solusi dan dukungan terbaik kepada mereka yang membutuhkan. Dengan pengalaman luas selama belasan tahun, Pratama Indomitra telah membantu pengurus perusahaan dan CEO mengelola risiko perpajakan secara efektif. Kami hadir untuk membantu perusahaan dan orang pribadi dalam menerapkan berbagai strategi perpajakan yang adaptif dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, kami terus mendorong tata kelola perusahaan yang baik (GCG), penyusunan laporan tahunan, dan mendorong tanggung jawab lingkungan dan sosial melalui laporan keberlanjutan.
Pratama Indomitra berkomitmen agar kehadirannya di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan dampak besar dengan membantu organisasi atau perusahaan untuk mematuhi ketentuan yang berlaku, termasuk mencapai efisiensi perpajakan yang optimal. Bagi instansi publik, kami hadir untuk memberikan pendapat ahli dalam formulasi kebijakan, pandangan kritis terkait implementasi kebijakan, dan inovasi kebijakan untuk menggali potensi dan meningkatkan produktivitas penerimaan. Mari berkolaborasi dengan kami untuk menghasilkan solusi terbaik sesuai permasalahan dan kebutuhan anda.
Memberikan jasa yang berkualitas tinggi dalam hal pengelolaan risiko pajak kepada klien-klien kami sebagai bagian dari keseluruhan tata kelola perusahaan. Dengan demikian, kami menjadi perusahaan yang dapat memberikan solusi utama kepada klien kami dalam memecahkan permasalahan mereka. Kami juga memiliki tujuan menjadikan perusahaan kami sebagai pusat pengetahuan dan pengembangan bagi klien-klien kami
Dikenal sebagai perusahaan konsultan kelas dunia dalam bidang manajemen risiko pajak dan tata kelola perusahaan dan sebagai pusat pengetahuan dan pengembangan, yang secara konsisten berpedoman pada nilai-nilai dasar, keyakinan dasar, dan etika bisnis.
Integritas dan Kepercayaan
Selalu mengedepankan ketulusan dan kejujuran dalam setiap aspek bisnis; jika berjanji, menepati; jika berbicara, menyampaikan kebenaran; dan jika diberi amanat, tidak berkhianat
Spiritualitas dalam Bekerja
Spiritualitas merupakan suatu pendekatan holistik di dalam pekerjaan dan kehidupan. Manfaat utama dari sebuah transformasi organisasi bukan hanya faktor ekonomi semata, melainkan juga faktor non-material. Spiritualitas menjadi faktor paling mendasar bagi tiap individu, organisasi, maupun masyarakat. Ekonomi, bahasa, politik, pendidikan serta seksualitas merupakan bagian integral dari spiritualitas.
Profesionalisme
Menjadi profesional yang bersemangat, berenergi, dan berdedikasi di dalam memberikan jasa yang berstandar tinggi dan berkinerja tinggi karena profesionalisme merupakan wujud dari konsistensi kualitas. Seorang profesional adalah mereka yang mampu mewujudkan kinerja terbaik dalam kondisi yang sulit.
Pembelajaran yang Berkesinambungan dan Berbagi Ilmu
Secara terus menerus meningkatkan pengetahuan dan membaginya kepada sesama. Investasi berupa pengetahuan selalu memberikan manfaat yang terbaik karena pengetahuan itu sendiri merupakan apa yang dapat memberikan manfaat, bukan apa yang diingat. Siapapun yang mengajarkan pengetahuan (yang dapat memberikan kebaikan kepada sesama) akan mendapatkan balasan seperti orang yang mengimplementasikan atau menyampaikan pengetahuan tersebut tanpa mengurangi balasan sedikitpun dari orang yang menyampaikan pengetahuan tersebut.
Intelegensi
Tidak hanya mencari pengetahuan semata, tapi juga intelegensi karena pengetahuan itu adalah memperoleh jawaban yang benar, sedangkan intelegensi adalah menyampaikan pertanyaan yang benar. Ukuran intelegensi adalah kemampuan untuk berubah. Orang yang memiliki intelegensi bukan merupakan orang yang hanya tahu apa yang baik dan apa yang buruk. Orang yang memiliki intelegensi adalah orang yang mengikuti apa yang baik jika dia melihatnya dan menghindari apa yang buruk jika dia melihatnya.
Antam Office Tower B Jl. TB Simatupang No. 1 Jakarta Selatan Indonesia 12530