Dra. Kussusanti, M.Si.

Dra. Kussusanti, M.Si

Dra. Kussusanti, M.Si.

Trainer / Fasilitator

Jam terbangnya yang cukup tinggi, ditunjang oleh penguasaan materi yang luas, membuat Kussusanti dapat menyampaikan materi programnya dengan sangat jelas. Keterampilannya dalam berkomunikasi sangat menunjang ia dalam membawakan setiap kelasnya menjadi interaktif, hidup dan tidak membosankan.


Tentang Dra. Kussusanti, M.Si.


Kandidat doktor di bidang Manajemen Pemasaran pada Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Master di bidang Manajemen Komunikasi ia peroleh dari Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, dengan predikat Cum Laude. Gelar sarjananya pun ia dapatkan dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia. Sedangkan pendidikan non-formal didapatkannya di berbagai lembaga pendidikan, antara lain untuk program Training for The Trainer, Public Relations, Master of Ceremony dan Pengembangan Kepribadian.

Profesinya di dunia pendidikan diawali dengan menjadi Asisten Dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, hingga menjadi pengajar di beberapa perusahaan dan lembaga pendidikan, untuk program Human Relations, Pengembangan Kepribadian, Communications Skills, Etika dan Penampilan, dsb. Sejak tahun 2000 hingga sekarang, ia aktif menjadi Trainer Specialist yang banyak memberikan pelatihan di berbagai perusahaan. Beberapa topik yang sering ia bawakan adalah antara lain Filing Management, Public Speaking, Communications Skill, Public Relations, Service Excellence, Customer Service Excellence, Telephone Technique and Courtesy, serta Etika Bekerja dan Pengembangan Kepribadian.

Di lingkungan Universitas Indonesia, sejak 1998 hingga kini, ia menjadi dosen pada Program Studi Public Relations, Diploma 3, Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia, untuk mata kuliah Teknik Publikasi Humas, Teknik Penulisan Naskah Humas, Dasar-Dasar Riset Humas, Teknik Produksi Audio Visual dan Human Relations serta Event Management.

Sedangkan karirnya di bidang komunikasi, khususnya public relations, ia tekuni sejak tahun 1988, di berbagai perusahaan, yaitu PT Rekaguna Abdidaya, ERA Indonesia, Bank Universal dan Tabloid NOVA sebagai wartawan.  Pada tahun 2009 ia telah menulis buku “Two Ears One Mouth” panduan sukses komunikasi profesional yang diterbitkan oleh Grasindo, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Jam terbangnya yang cukup tinggi, ditunjang oleh penguasaan materi yang luas, membuat Dra. Kussusanti, M.Si. dapat menyampaikan materi programnya dengan sangat jelas. Keterampilannya dalam berkomunikasi sangat menunjang ia dalam membawakan setiap kelasnya menjadi interaktif, hidup dan tidak membosankan.