Workshop Cara Menyusun Rencana Jangka Panjang Perusahaan Berbasis Balanced Scorecard

20 tahun yang lalu KAPLAN & NORTON meluncurkan konsep BALANCED SCORECARD dengan maksud untuk membantu manajemen memperbaiki kinerja keuangan perusahaan. Pada awalnya hanya beberapa perusahaan di negara asalnya (Fortune 500 – USA) menggunakan manajemen tool ini dan gagal, namun ada beberapa perusahaan yang berhasil sehingga dapat mendongkrak harga sahamnya di bursa saham. Dengan bukti tersebut kini banyak perusahaan diseluruh dunia menggunakan Balanced Scorecard. Dari hasil penelitian, perusahaan-perusahaan yang berhasil menggunakan alat meanjemen tersebut antara lain karena adanya konsistensi dalam mensinkronkan (realigning) antara visi dan strategi serta program yang ditulis dalam RJPP.

Dengan merancang Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) berbasis BALANCED SCORECARD diharapkan adanya konsistensi dalam menerapkan strategi dan program yang termonitor KPI (Key Performance Indicator) – nya setiap saat sehingga koreksi dapat dilakukan segera.

Yang melandasi berhasilnya kinerja perusahaan bila Board of Directors memiliki KPI dan setiap Director memiliki KPI yang akan terus diturunkan kebawah sampai ketingkat pelaksana. Sebab tanpa KPI Board dan Directors sulit kiranya bagi pelaksana untuk mencapai kinerja dan visi perusahaan.

Tentunya para pemegang saham perusahaan menghendaki suatu kepastian arah dan tujuan perusahaan serta pengembangannya. Kepastian arah yang akan dituju dan pengembangannya perlu disusun dan terdokumentasi? Atas dasar latar belakang tersebut, maka workshop 2 (dua) hari ini akan memberikan jawabannya, disamping memberikan keterampilan untuk mewujudkan penulisan RJPP berdasarkan BALANCED SCORECARD yang dilengkapi dengan bagaimana merumuskan Key Performance Indicator mulai BOD, Directors.

WAKTU PELAKSANAAN

Hari : Selasa – Rabu, 28 – 29 Februari 2012
Waktu : Pukul 09.00 s.d 16.00
Tempat : Hotel Bumi Karsa-Bidakara, Pancoran – Jakarta Selatan

 

TUJUAN WORKSHOP

Memberikan keterampilan praktis kepada para peserta dalam menuliskan RJPP berbasis Balanced Scorecard, merumuskan KPI BOD dan Directors untuk mencapai VISI dan melaksanakan MISI perusahaan serta fokus pada strategi.

Bagaimana menyusun isi (substansi) dan urutan RJPP yang praktis sehingga sinkron dalam pelaksanaannya.

MATERI YANG DIBAHAS

Hari Pertama

  1. Pembahasan Prospek Makro Ekonomi yang mempengaruhi bisnis perusahaan.
  2. Bagaimana melakukan analisis lingkungan eksternal (politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi) yang memberikan dampak pada kegiatan bisnis.
  3. Bagaimana menentukan VISI dan MISI perusahaan, pembahasan arah stratejik perusahaan (strategic direction). Strategic Intent or strategic Analysis?
  4. Bagaimana menganalisa kondisi internal perusahaan (SWOT Analysis), analisis aspek keuangan, pemasaran, human resources, operasi, produksi dan kebijakan perusahaan saat ini.
  5. Fundanmentals of Balance Score Card.

Hari Kedua

  1. Bagaimana menyusun perusahaan Key Performance Indicator – Balanced Score Card, untuk BOD dan Director, bagaimana menurunkan sampai ke pelaksana.
  2. Menyusun Strategy Maps, bagaimana merumuskan strategi Korporat, Bisnis dan Fungsional untuk mencapai sasaran perusahaan di masa mendatang.
  3. Bagaimana membangun STRATEGIC INITIATIVES (program-program ) fungsional untuk melaksanakan strategi-strategi yang sudah ditentukan.
  4. Bagaimana menyusun Human Resources SCORECARD (HR Scorecard).
  5. Bagaimana menyusun proforma Financial Projection.
  6. Bagaimana menyusun RJPP Stratejik yang benar.

METODOLOGI

Workshop ini akan dilaksanakan dengan cara pembahasan interaktif serta diskusi kelompok. Oleh karena itu peran serta aktif para peserta sangat diharapkan untuk mendapatkan hasil workshop yang optimal.

PESERTA

  1. Directors
  2. Functional Senior Managers dan
  3. Managers
  4. Corporate Planner
  5. Business Development Executive
  6. Corporate Secretary
  7. Internal Auditors
  8. Dan calon eksekutif yang akan menekuni bidang perencanaan korporat dan pengembangan usaha.

COURSE INSTRUCTORS

Hariji Noesie, MBA, CMC. (US Certified Management Consultant), memiliki pengalaman yang panjang dalam memberikan konsultansi penyusunan Rencana Stratejik Perusahaan di berbagai industri, a.l. ketenagalistrikan, pertambangan, logistik, manufaktur, konstruksi, pharmasi, asuransi dan jasa distribusi.

Memperoleh pendidikan manajemen dari Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) Jakarta, Columbia University (Executive Program), New York, USA, National Training Laboratories for Applied Behavioral Sciences Maryland, USA dan Institute of Management Consultants, New York USA. Profesi sebagai konsultan manajemen dan trainer telah ditekuni selama lebih dari 25 tahun. Memberikan seminar dan workshop.

INVESTASI

Rp3.500.000,00 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) Per Peserta

  1. Biaya investasi tersebut berlaku untuk 1 peserta sudah termasuk 2x coffe break, 1x lunch, makalah, sertifikat, dan doorprizemenarik.
  2. Transfer biaya investasi Anda ke Rek. 166.2715900 BCA KCP Cimanggis a.n. PT Pratama Indomitra Konsultan sebelum pelaksanaan Workshop.

PEMESANAN TIKET WORKSHOP

  • Transfer ke rekening yang tercantum di atas sesuai jumlah yang kami sertakan juga.
  • Konfirmasi pembayaran melalui halaman konsultasi >>

Alamat Kantor: Antam Office Park Tower B Lantai 8, Jl. T.B. Simatupang No.1, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 12530 Indonesia
Phone (62-21) 2963.4945 | Email info@pratamaindomitra.co.id
"pratama indomitra"

Pratama Indomitra’s consultants hold C certificate (the highest grade of tax consultant) and are registered tax consultants and licensed tax attorneys. A member of Kreston International | A global network of independent accounting firms.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *